Perbandingan Analisa Market Basket Terhadap Data Penjualan Minimarket Dengan Algoritma Apriori, Fp-Growth, Dan Fuzzy C-Covering

Authors

  • Rifky Novrian Kahar Universitas Pamulang

Keywords:

data mining, market basket analysis, Apriori, Frequent Pattern Growth, Fuzzy C-Covering

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kontribusi pada cepatnya pertumbuhan jumlah data yang dikumpulkan dan disimpan dalam basis data berukuran besar (gunung data). Dibutuhkan sebuah metode atau teknik yang dapat merubah gunungan data tersebut menjadi sebuah informasi berharga atau pengetahuan (knowledge) yang bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis. Algoritma Apriori, Frequent Pattern Growth (FP-Growth), dan Fuzzy C-Covering merupakan beberapa algoritma dalam data mining yang dapat digunakan pada teknik mining market basket analysis. Dalam penelitian ini penulis akan mencoba untuk melakukan suatu eksperiman untuk menganalisa proses data mining terhadap transaksi penjualan produk di minimarket Indomaret melalui sebuah aplikasi yang menggunakan 3 metode market basket analysis. Hasil penelitian menunjukkan algoritma FP-Growth mampu melakukan proses data mining dengan waktu yang paling cepat dan hasil yang paling akurat.

References

CRISP-DM. “Cross Industry Standard Process for Data Mining†[On-line].http://www.crisp-dm.org/Process/index.html†[July 28, 2017].

Eko Prasetyo.Data Mining : Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.

Eko Prasetyo.Data Mining : Mengolah Data Menjadi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

Fathansyah. Basis Data. Informatika.2015.

Han, J. Kamber, M. DataMining: Concepts and Techniques : Chapter 6. Mining Association Rules in Large Databases. Simon Fraser University, 2000.

Hermawati, F. A. Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.

Kusrini, dkk. Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Andi Offset, 2009.

Larose, Daniel T. Discovering Knowledge in Data : An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons, Inc., 2005.

Dicky Novriansyah. dkk. Algoritma Data Mining dan Pengujian.Yogyakarta : Andi Offset, 2015.

Nugroho. Teori Data Mining dan Aplikasi, Jakarta : Graha Ilmu, 2014.

Published

2021-06-14