Perancangan Sistem Pemesanan Buku Paket Sekolah Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus: Ud. Imuth Berkah Kota Tangerang Selatan)

Authors

  • Syalvi Dwi Kurnia Universitas Pamulang
  • Hidayatullah Al Islami Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem pemesanan buku paket berbasis web, e-commerce, waterfall, website.

Abstract

UD. IMUTH BERKAH adalah salah satu toko buku yang menjual berbagai macam buku paket SMA yang berada di Kota Tangerang Selatan. Semenjak adanya pandemic Covid-19 di 2 tahun terakhir, pemilik toko UD. IMUTH BERKAH tidak lagi menjual dan melakukan transaksi secara offline atau datang ke sekolahan, melainkan menggunakan pemesanan online yang masih dilakukan dengan cara konvensional, sehingga kurang efektif  karena membutuhkan banyak link pemesanan yang membuat data rentan hilang, tertukar, dan belum terdapatnya sistem database untuk menampung data pesanan. Oleh sebab itu,  akan dirancang sistem pemesanan buku paket sekolah berbasis web agar mempermudah tranksaksi pemesanan dan perekapan data. Pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall dengan tahapan yaitu analisa, perancangan, implementasi, dan pengujian. Dengan adanya sistem pemesanan ini, pemilik toko cukup menggunakan satu link pemesanan dan sistem ini juga bisa membantu admin toko dalam mengelola data pesanan yang masuk agar lebih tertata rapi. Hasil dari penelitian ini yaitu perancangan sistem pemesanan buku paket sekolah berbasis web untuk siswa dan pemilik toko.

References

Andriyanto, L. D., & Wansen, T. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Bank Sampah Berbasis Android. IT FOR SOCIETY, 28.

Enterprise, J. (2018). HTML, PHP, dan MYSQL untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fathansyah. (2020). Basis Data Revisi Ketiga. Bandung: Informatika Bandung.

Herliansyah, D., & Purnama, G. (2019). Perancangan Sistem Pemesanan Makanan Dengan Konsep Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Web . Jurnal Ilmu Pengetahuan , 1.

Hidayat, t., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 27.

Huda, N., & Amalia, R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Inventaris Barang pada PT.PLN (Persero) Palembang. Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), 14.

Indrajani, S. M. (2018). Database System All in One - Theory, Practice, and Case Study. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Janah, R., & Syafitri, Y. (2019). Membangun Aplikasi Pemesanan Barang Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Ajax Pada Penamart Bandar Lampung. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JUSINTA), 11.

Kawistara, P. H. (2020). Pemrograman Web Edisi Revisi. Bandung: Informatika Bandung.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML. Bandung: Informatika Bandung.

Nur Hidayah, A. N., & Supriyono, H. (2019). Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website. INSYPRO, 1.

Permana, Y., & Ramadlon, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Mengunakan Metode Sdlc Pada Pt. Mandiri Land Prosperous Berbasis Mobile. Jurnal SIGMA, 155.

Saputra, D., & Aji, R. F. (2018). Analisis Perbandingan Performa Web Service Rest Menggunakan Framework Laravel, Django Dan Ruby On Rails Untuk Akses Data Dengan Aplikasi Mobile (Studi Kasus: Portal E-Kampus Stt Indonesia Tanjungpinang). Bangkit Indonesia, 18.

Sidik, B. (2019). HTML5 Dasar-dasar Untuk Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. Bandung: Informatika Bandung.

Simatupang, J., & Sianturi, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra-Tech, 15.

Sukmawati, & Susianto, D. (2019). Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata Di Lampung Berbasis Web Mobil. JONESISMIK, 60.

Utama, D. W., Putra, I. A., & Satwika, I. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan . Custom Furniture Berbasis Website, 57.

Published

2021-06-14