SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KARYAWAN TERBAIK BERBASIS WEB DENGAN METODE SAW DAN TOPSIS PADA PT. TROY PURI SAKTI

Authors

  • Abi Syifa Fahrusy Universitas Pamulang
  • Dede Handayani

Keywords:

Karyawan Terbaik, Sistem Penunjang Keputusan (SPK), PHP, SAW, TOPSIS

Abstract

Penentuan karyawan terbaik dianggap penting untuk memacu semangat bagi para karyawan agar tetap memberikan kinerja yang baik bagi perusahaan. Setiap satu bulan sekali PT. Troy Puri Sakti melakukan penilaian para karyawan untuk menentukan karyawan terbaik dalam bulan tersebut. pemilihan karyawan terbaik menjadi persoalan sendiri karena proses pengerjaan yang terkesan lama. Terlebih lagi proses penentuan yang masih manual dan terkesan subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan algoritma dan ilmu komputer untuk membuat Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dalam menentukan karyawan terbaik. Dengan perancangan system berbasis web dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP proses penilaian ini menggunakan metode perhitungan SAW dan TOPSIS. Dimana proses perhitungan dilakukan dengan cara mencari penjumlahan terbobot dari rating kriteria pada setiap alternatif. Terdapat lima kriteria yaitu Nilai Absensi, Nilai Kedisiplinan, Nilai Tanggung Jawab, Nilai Kerja Sama dan Nilai Kreatifitas. Berdasarkan perhitungan dari kedua metode, hasil menunjukan Alternatif 2 (A2) atas nama Aries Pratama mendapatkan nilai tertinggi dengan hasil nilai 0.85 untuk perhitungan menggunakan metode SAW dan dengan nilai 0.669 menggunakan metode TOPSIS. Sehingga menurut perhitungan tersebut Aries Pratama (A2) ditunjuk menjadi karyawan terbaik pada PT. Troy Puri Sakti. Penerapan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dinilai mampu mengatasi masalah waktu penilaian karyawan, karena mempersingkat waktu proses penilaian.

Kata Kunci: Karyawan Terbaik, Sistem Penunjang Keputusan (SPK), PHP, SAW, TOPSIS

References

Broman, R. I., Megawaty, D. A., & Attohiroh. (2020). Implementasi Metode TOPSIS Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Biji Kopi Robusta Yang Bernilai Mutu Ekspor (Studi Kasus: PT. Indo Cafco Fajar Bulan Lampung). Fountain of Informatics Journal Volume 5, No. 1, 14-20.

Frieyadie, & Ramadhan, S. M. (2018). Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK. Jurnal RESTI (Rekayasi Sistem dan Teknologi Informasi) Vol. 2 No. 3, 662-667.

Hapid, S. D., Dzulhaq, M. I., & Mulyono, T. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Supplier Bahan Produksi Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JURNAL SISFOTEK GLOBAL,Vol. 10 No. 1, 33-37.

Muzakkir, I. (2017). Penerapan Metode Topsis Untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Pada Desa Panca Karsa II. ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 9 Nomor 3, 247-281.

Windarto, A. P. (2017). Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK) Vol 4 No 01, 88-101

Published

2021-10-25