RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN KEMBALI (BUYBACK) BERBASIS WEB DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (STUDI KASUS PT. SMARTFREN TELECOM, Tbk)

Authors

  • Joko Suseno Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem, Informasi, Return Barang, Penyimpanan Database, RAD

Abstract

PT. Smartfren Telecom merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia, yang beralamat di jalan H. Agus Salim no. 45 Kebon Sirih Jakarta Pusat. Informasi yang baik merupakan sumber daya yang sangat penting, serta dapat mengoptimalkan kinerja perusahaan. Keakuratan informasi dapat terjaga dengan pengelolaan informasi yang benar mulai dari pencarian dan pengolahan data, sampai dengan mengahasilkan informasi. Pemanfaatan sistem informasi menjadi solusi yang tepat dalam sumber daya informasi. Dengan penerapan sistem informasi, mulai dari pembagian wewenang, pembagian proses, penyimpanan data, sampai dengan pembagian informasi dapat dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi pembelian kembali (buyback) pada PT. Smartfren Telecom, yang mampu menyediakan pengolahan data pada proses pembelian kembali, membangun sistem penyimpanan database yang tepat, dan mampu menghasilkan informasi yang benar dan efisien. Pengembangan aplikasi menggunakan metode rapid application development (RAD). Adapun analisis pembangunan sistemnya dimulai dari mengidentifikasi masalah, mempelajari alur proses transaksi, pengumpulan data yang dibutuhkan, serta membuat desain informasi yang sesuai. Dilanjutkan dengan perancangan sistem mulai dari desain model, desain normalisasi database, desain input output, desain laporan, sampai dengan metode penerapannya. Hasil analisis sistem informasi ini yaitu, mampu mengatasi permasalahan pengelolaan sistem informasi manual, antara lain redudancy data dan lost data. Serta memudahkan dan mempercepat pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan manajemen.

References

Admin, 2018, “Mengenal Jenis – Jenis Barcodeâ€, http://blog.kanasecure.com/mengenal-jenis-jenis-barcode/, diakses pada 10 Oktober 2020 pukul 10.30.

Aini, Nur, Satrio Agung Wicaksono dan Issa Arwani, (2019). PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI PADA: SMK NEGERI 11 MALANG. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 3, No 9.

Andriani, Anik dan Esti Qurniati, (2018). SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO ONLINE DENGAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD). Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Volume 10 No 3.

Jogiyanto. (2010). Analisa dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Indrajani, (2015), Database Design (Case Study All in One), Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rochman, Abdur, Achmad Sidik dan Nada Nazahah, (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN SPP SISWA BERBASIS WEB DI SMK AL-AMANAH. Jurnal Sisfotek Global. Vol. 8 No.1.

Sagala, Jijon Rapitha, (2018), MODEL RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Mantik Penusa Vol. 2, No. 1 Juni 2018, pp. 87-90. Volume 2, No. 1, Juni 201.

Setiawan, Rony, 2021, “Flowchart Adalah: Fungsi, Jenis, Simbol, dan Contohnyaâ€, https://www.dicoding.com/blog/flowchart-adalah/, diakses pada 10 Oktober 2021 pukul 22.30.

Rosa, A. S., & Shalahuddin, M, (2016), Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Wahana Komputer, (2010), Panduan Belajar MySQL Database Server, Jakarta: Media Kita.

Wawan Ridwan K, Puji Juliana, Rivaldi Rizki Pratama, (2018). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DI PABRIK GENTENG UUN SUPER JATIWANG. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2018.

Yakub, (2012). Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Zakiyudin, (2012). ManajemenPersediaan. Yogyakarta: Ekonisia

Published

2021-10-25