RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN PADA SMP AL - BASYARIAH BERBASIS JAVA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUNDED RESEARCH

Authors

  • Muhammad Sholikhul Huda Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan perancangan sistem administrasi pembayaran sekolah ini adalah untuk memudahkan sekolah dalam mengatasi laporan pembayaran sekolah ke kepala sekolah yang sangat akurat. Selain itu perancangan sistem ini dapat memberikan alternatif menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan pembayaran sekolah dapat terselesaikan dengan cepat, tepat dan akurat guna mengefisienkan waktu pekerjaan.

Teknik penelitian yang di gunakan dalam pembayaran sekolah pada SMP Al- Basyariah ini adalah dengan grounded Research yaitu suatu model penulisan berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisa data dalam waktu yang bersamaan. Dalam riset ini data merupakan sumber teori atau teori berdasarkan data, pengamatan langsung, wawancara dengan pihak terkait dan juga dengan melakukan dokumenatasi untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan, menganalisa kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengkodean, dan pengujian. Aplikasi administrasi pembayaran sekolah ini tercipta dengan dukungan bahasa pemrograman Java NetBeans IDE 8.0.2 dan database MySQL

References

Bennet Et Al, Simon. 2010. Object-Oriented System Analysis And Design.

Fathansyah. 2007. Basis Data. Bsndung: Informatika.

Hidayat, Ahmad. 2008. Perancangan Sistem Informasi Pembayaran SPP Berbasis Java Di SMP Yasporbi Jakarta. Jakarta: Universitas Pamulang.

Jogianto, H.M. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi offset.

Jogiyanto, H.M. 2011. Analisis Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori Dan Praktik Aplikasi Bisni. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. 2005: Media Cetak.

Kadir, Abdul. 2005. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kristanto, Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi Dan Aplikasinya. Jakarta: Elang.

Madcoms. 2006. PHP Dan MySQL. Madiun: Andi.

Nugroho, Adi. 2004. Analisis Dan Perancangan Informasi Dengan Metodologi Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Suci, Aprilita. 2007. Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran Berbasi Java DI Madrasah Ibnu Kolbi Jakarta. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informaerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Published

2021-10-25