APLIKASI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING UNTUK MEMVISUALISASIKAN GEDUNG SDN TOTAL PERSADA

Authors

  • Shandi Noris Universitas Pamulang
  • Septian Anjasmoro UNIVERSITAS PAMULANG

Keywords:

Aplikasi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking

Abstract

ABSTRAK

Sekolah adalah sarana umum yang diperuntukkan sebagai tempat belajar mengajar berupa gedung bangunan yang terdiri dari beberapa ruangan. Penyampaian informasi mengenai bangunan sekolah dapat dituangkan dalam bentuk visualisasi yang memberikan informasi berupa denah ruangan-ruangan yang ada di area sekolah. SDN Total Persada merupakan salah satu sekolah yang banyak diminati warga sekitar serta masyarakat umum. Hal ini didukung data jumlah calon peserta didik yang kian meningkat. Namun, banyaknya ruangan serta bangunan yang bertingkat sulit bagi guru, murid, orang tua dan masyarakat umum untuk meninjau ruangan-ruangan di SDN Total Persada. Pengenalan ruangan-ruangan di SDN Total Persada saat ini, hanya memanfaatkan gambar denah secara 2 Dimensi yang dituangkan melalui kertas dan ditempel pada papan informasi. Hal tersebut memberikan gambaran informasi yang kurang jelas dan tidak dapat diakses secara luas oleh guru, murid, orang tua dan masyarakat. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu bagian dari Virtual Environment (VE) atau yang biasa dikenal dengan Virtual Reality (VR). AR memberikan gambaran kepada pengguna tentang penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dilihat dari tempat yang sama. AR memiliki tiga karakteristik yaitu bersifat interaktif (meningkatkan interaksi dan persepsi pengguna dengan dunia nyata), menurut waktu nyata (real time) dan berbentuk 3 dimensi (Manuri F dan Sanna A, 2016). Pada penelitian ini, keunggulan AR dimanfaatkan untuk membantu memvisualisasikan gedung-gedung yang ada SDN Total Persada untuk meningkatkan pemahaman atau memperkenalkan model gedung dan letak gedung yang ada di SDN Total Persada, sehingga memudahkan dalam pengenalan gedung SDN Total Persada, tanpa harus mengelilinginya.

Kata Kunci: Aplikasi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking

References

Ananda, T. A., Safriadi, N., Sukamto, A. S., Studi, P., & Universitas, I. (2015). Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1), 1–5.

Andi Yushika R, Reza Andrea, S. T. (n.d.). Implementasi Augmented Reality Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android Pada Gramedia Bigmall Samarinda.

Arafah, R. N. (2019). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Molekul Berbasis Android Studi Kasus Sman 18Bandung. https://elibrary.unikom.ac.id/id/ eprint/1127

Asry, A. I. (2019). Penerapan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking pada maket rumah virtual. Ainet : Jurnal Informatika, 1(2), 52–58.

https://doi.org/10.26618/ainet.v 1i2.2294

Bagus, I., & Mahendra, M. (2016). Implementasi Augmented Reality (Ar) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk. Jurnal Ilmiah ILMU KOMPUTER Universitas Udayana, 9(1)

De Pace, F., Manuri, F., & Sanna, A. (2018). Augmented Reality in Industry 4.0. American Journal of Computer Science and Information Technology, 06(01).

https://doi.org/10.21767/2349-3917.10001

Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat.

Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 807.

https://doi.org/10.24176/simet.v 8i2.1614

Rio, U., Erlinda, S., & Haryono, D. (2016). Implementasi Model Mobile Augmented Reality e- Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(2), 177. https://doi.org/10.35314/isi.v1i2.137

Published

2021-10-25