APLIKASI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING UNTUK MEMVISUALISASIKAN GEDUNG SDN TOTAL PERSADA
Keywords:
Aplikasi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based TrackingAbstract
ABSTRAK
Sekolah adalah sarana umum yang diperuntukkan sebagai tempat belajar mengajar berupa gedung bangunan yang terdiri dari beberapa ruangan. Penyampaian informasi mengenai bangunan sekolah dapat dituangkan dalam bentuk visualisasi yang memberikan informasi berupa denah ruangan-ruangan yang ada di area sekolah. SDN Total Persada merupakan salah satu sekolah yang banyak diminati warga sekitar serta masyarakat umum. Hal ini didukung data jumlah calon peserta didik yang kian meningkat. Namun, banyaknya ruangan serta bangunan yang bertingkat sulit bagi guru, murid, orang tua dan masyarakat umum untuk meninjau ruangan-ruangan di SDN Total Persada. Pengenalan ruangan-ruangan di SDN Total Persada saat ini, hanya memanfaatkan gambar denah secara 2 Dimensi yang dituangkan melalui kertas dan ditempel pada papan informasi. Hal tersebut memberikan gambaran informasi yang kurang jelas dan tidak dapat diakses secara luas oleh guru, murid, orang tua dan masyarakat. Augmented Reality (AR) merupakan salah satu bagian dari Virtual Environment (VE) atau yang biasa dikenal dengan Virtual Reality (VR). AR memberikan gambaran kepada pengguna tentang penggabungan dunia nyata dengan dunia maya dilihat dari tempat yang sama. AR memiliki tiga karakteristik yaitu bersifat interaktif (meningkatkan interaksi dan persepsi pengguna dengan dunia nyata), menurut waktu nyata (real time) dan berbentuk 3 dimensi (Manuri F dan Sanna A, 2016). Pada penelitian ini, keunggulan AR dimanfaatkan untuk membantu memvisualisasikan gedung-gedung yang ada SDN Total Persada untuk meningkatkan pemahaman atau memperkenalkan model gedung dan letak gedung yang ada di SDN Total Persada, sehingga memudahkan dalam pengenalan gedung SDN Total Persada, tanpa harus mengelilinginya.
Kata Kunci: Aplikasi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking
References
Ananda, T. A., Safriadi, N., Sukamto, A. S., Studi, P., & Universitas, I. (2015). Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(1), 1–5.
Andi Yushika R, Reza Andrea, S. T. (n.d.). Implementasi Augmented Reality Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android Pada Gramedia Bigmall Samarinda.
Arafah, R. N. (2019). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Molekul Berbasis Android Studi Kasus Sman 18Bandung. https://elibrary.unikom.ac.id/id/ eprint/1127
Asry, A. I. (2019). Penerapan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking pada maket rumah virtual. Ainet : Jurnal Informatika, 1(2), 52–58.
https://doi.org/10.26618/ainet.v 1i2.2294
Bagus, I., & Mahendra, M. (2016). Implementasi Augmented Reality (Ar) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk. Jurnal Ilmiah ILMU KOMPUTER Universitas Udayana, 9(1)
De Pace, F., Manuri, F., & Sanna, A. (2018). Augmented Reality in Industry 4.0. American Journal of Computer Science and Information Technology, 06(01).
https://doi.org/10.21767/2349-3917.10001
Haryani, P., & Triyono, J. (2017). Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat.
Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 807.
https://doi.org/10.24176/simet.v 8i2.1614
Rio, U., Erlinda, S., & Haryono, D. (2016). Implementasi Model Mobile Augmented Reality e- Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 1(2), 177. https://doi.org/10.35314/isi.v1i2.137
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms