Perancangan Aplikasi Simulasi Test TOEFL (Test of English as Foreign Language) Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Triguna Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
Keywords:
Simulasi, php, website, TOEFL, Bahasa InggrisAbstract
SMK Triguna Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan sebuah sekolah swasta yang ada di kota Tangerang Selatan, SMK yang saat ini digemari oleh banyak calon siswa/i sebagai salah satu program studi yang akan dipilih. Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan tuntutan kebutuhan masyarakat, maka SMK Triguna Utama terus meningkatkan pelayanannya dengan selalu berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikannya untuk memastikan lulusan SMK memiliki daya saing yang kuat di dunia kerja. Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya penguasaan Bahasa Inggris bagi lulusan SMK di dunia kerja global, serta peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Inggris di SMK.
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang sering digunakan dan merupakan salah satu bahasa wajib yang harus dikuasai. Salah satu bentuk pelatihan bahasa Inggris yang sering dilakukan adalah tes TOEFL (Test of English as Foreign Language). Sebelumnya, tes TOEFL dilakukan untuk mempersiapkan diri bagi mereka yang ingin belajar ke luar negeri, tetapi saat ini tes TOEFL juga digunakan oleh banyak instansi, salah satunya instansi pendidikan. Namun untuk mengikuti tes TOEFL tidaklah murah, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang agar mendapatkan skor sesuai dengan keinginan dan menghemat biaya tes karena tidak perlu mengulang lagi. Sebagai alternatif, dibutuhkan suatu sarana pembelajaran yang bersifat hemat waktu, hemat biaya dan hemat tempat. Pemanfaatan kemajuan teknologi internet dalam mengembangkan media pembelajaran dan simulasi TOEFL berbasis web dapat menjadi sebuah solusi. Sehingga aplikasi Simulasi TOEFL sebagai sarana pembelajaran yang dapat mempermahir para siswa dalam memperbaiki nilai TOEFL mereka. Pada aplikasi web ini, siswa dapat berlatih tes TOEFL, mengerjakan soal-soal, dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang menggunakan Bahasa pemrograman php dengan basisdata MySQL.References
Abijar, N. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Test TOEFL Berbasis Web Menggunakan Metode Fisher Yates Shuffle (Studi Kasus : IEP Dasana Indah Tangerang)
Abdulloh, R. (2016). Easy dan Simple Web Programming. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Agus, S. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning Pembelajaran Aktif,Kreatif, dan Tidak Membosankan. Yogyakarta: Diva Press.
EMS, T. (2014). Teori Dan Praktik PHP-Mysql Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Habibi, R., & Aprilian, R. (2020). Tutorial dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD. Kreatif.
Habibi, R., Putra, F. B., & Putri, I. F. (2020). Aplikasi kehadiran dosen menggunakan PHP OOP. Kreatif.
Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariyanto, A. (2017). Membuat Aplikasi Computer Based Test dengan PHP MySQLi & BOOTSTRAP. Yogyakarta: CV. Lokomedia.
Hendini, A. (2016). Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. 4 No. 2, 107–116.
Hidayah, N. N. (2015). Implementasi Model Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Mi Ma’arif Nu 03 Karang Sembung Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Hidayatullah, P., & Kawistara, J. K. (2017). Pemrograman WEB. Bandung: Informatika Bandung.
Indrajani. (2015). Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Irwansyah, E., & Moniaga, J. (2014). Pengantar Teknoogi Informasi . Yogyakarta: Depublish.
Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Kurnia, R. D. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Coorperative Learning dalam meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni -Fasilkom Unsri Berbasis E-Learning (Studi Kasus : Mata kuliaih Pemrograman Web).
Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmia Teknologi Informasi Terapan, Vol. 1.
Nadeak, B., Parulian, A., Pristiwanto, & Siregar, S. R. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Internet Dengan Menggunakan. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Vol. 3 No.4.
Pressman, R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.
Purwaningsih, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Structure Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Tentang Conditional Sentence Pada Siswa Kelas Xi-Tgb-A SMKN 2 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2017/2018.
Qamar, N., Syarif, M., Busthami, D. S., Hidjaz, M. K., Aswari, A., Djanggih, H., & Rezah, F. S. (2017). Metode Penelitian Hukum (Legal Research Methods). Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn).
Rerung, R. R. (2018). Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Deeppublish.
Rianto, D. A., Assegaf, S., & Fernando, E. (2015). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Goeografis (SIG) Lokasi. Jurnal Ilmiah Media SISFO, Vol.9 No.2, 296.
S., R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Solichin, A. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Budi Luhur.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat : eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Supono, & Putratama, V. (2016). Pemograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Supono, & Putratama, V. (2016). Pemrograman WEB dengan menggunakan PHP dan framework codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syafrial Fachri Pane, Wahyu Kurnia Sari, Zanwar Arif Wicaksono. (2020). Membuat Aplikasi Pengolahan Data Administrasi Barang Menggunakan Aplikasi Apex Online. Kreatif.
Tabrani, M. (2014). Implementasi. Jurnal Bianglala Informatika, Vol.2 No.1 , 33-34 .
Wedyawati , N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Deepublish.
Wulandari, D. R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : SMP IT Wahdah Islamiyah).
Yakub. (2012). Pengantar Sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Deeppublish.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms