IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN GERAKAN SHALAT BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: SD BINONG PERMAI) IMPLEMENTATION OF AUGMENTED REALITY FOR ANDROID-BASED PRAYER MOVEMENT RECOGNITION (CASE STUDY: SD BINONG PERMAI)

Authors

  • Wahyu Febriyan universitas Pamulang
  • Achmad Udin Zailani

Abstract

Augmented Reality adalah penggabungan dua objek yaitu objek nyata dan objek maya ke dalam lingkungan nyata, berjalan interaktif secara nyata. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajaran untuk siswa, diharapkan siswa lebih mudah dalam belajar. Pada SD Binong Permai pembelajaran gerakan shalat yang digunakan masih menggunakan media konvensional yaitu berbasis buku teks dengan metode ceramah. Dengan penggunaan teknologi Augmented Reality, bertujuan untuk membuat siswa SD yang baru belajar gerakan shalat semakin antusias serta menunjang efektifitas didalam pembelajaran gerakan shalat, siswa juga bisa melihat gambaran nyata dari gerakan shalat yang berupa objek 3D. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode waterfall. Pada pengujian Alpha black box aplikasi ARgerakanshalat, funsional aplikasi berjalan dengan baik dan dengan menggunakan multiMarker, dari sepuluh Marker setiap Markernya dapat terdeteksi dengan baik. Pada pengujian Beta kuesioner didapat nilai rata-rata dengan nilai 76,75% yang dimana aplikasi ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan 80,26% bahwa aplikasi sangat menarik, sehingga mempermudah siswa dalam belajar mengenal gerakan shalat.

Kata Kunci : Augmented Reality, Aplikasi, Gerakan Shalat, MultiMarker

References

Azuma, R. T. (1997, Agustus). Teleoperators and Virtual Environments. A Survey of Augmented Reality, 6(4), 355-385.

HAERUDIN. (2021, Februari). TINJAUAN RUKUN – RUKUN SHALAT SESUAI DENGAN HADIS NABI MUHAMMAD SAW. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP).

Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017, Januari). APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M UNIVERSITAS SEMARANG, 14(2).

Pratama, R., Hidayat, E. W., & Aldya, A. P. (2021, Juni). Scientific Articles of Informatics Students. Penerapan MultiMarker Pada Aplikasi Pengenalan Aksara Sunda Kedalam Huruf Latin Dengan Augmented Reality, 4(1).

Prihandoyo, M. T. (2018, Januari). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web, 03(01).

Rifa'i, M. (1976). Risalah TUNTUNAN SHALAT LENGKAP. CV . TOHA PUTRA Semarang.

Published

2022-02-21