IMPLEMENTASI DATA MINING TERHADAP DATA PENJUALAN CLOUD HOSTING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Jumiah Jumiah universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Abstract

PT. Dewabisnis Digital Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan hosting dan server, setiap harinya melakukan transaksi penjualan kepada konsumen. Pada masa pandemi ini konsumen mencari spesifikasi tinggi dengan harga yang murah Proses pencatatan penjualan  sudah  dilakukan  secara  komputerisasi,  tetapi  data  penjualan  belum  diolah  secara maksimal serta belum adanya aplikasi yang menganalisa data penjualan untuk starategi, perencanaan dan pelayanan  kepada  konsumen.    Berdasarkan masalah di atas, perlu adanya strategi untuk mengoptimalkan penjualan pada PT. Dewabisnis Digital Indonesia. Penelitian ini menggunakan imlementasi data mining berbasis web, bahasa pemrograman HTML, PHP (Hypertext Preprocessor) serta menggunakan database MySQL, serta akan dikembangkan dengan menggunakan metode algoritma apriori yang akan memberikan kemudahan kepada administrator dalam mengelolah data penjualan dan memberikan kemudahan kepada  perusahaan. Dari hasil penerapan Algoritma Apriori ini diharapkan akan meningkatkan proses data penjualan pada perusahaan menjadi lebih terstruktur, terinci dan mengetahui permasalahan pada penjualan produk dan pemasaran yang lebih baik lagi serta memilki tingkat confidence tertinggi.

 

Kata Kunci: Web Application, Data mining, algoritma apriori ,PHP, MySQL

References

Afdal, M., & Rosadi, M. (2019). PENERAPAN ASSOCIATION RULE MINING UNTUK ANALISIS. 5(1), 99–108.

Agung, M. T., & Nurhadiyono, B. 2015. Penerapan Data Mining pada Data Transaksi Penjualan untuk Mengatur Penempatan Barang Menggunakan Algoritma Apriori.

Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT.Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori Fajar Adhinda Kusuma Wardani1, Titin Kristiana21STMIK Nusa Mandiri

Listriani, D., Setyaningrum, A. H., & Eka, F. 2016. Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro). Jurnal Teknik Informatika, 9(2)

Nursikuwagus, A., & Hartono, T. 2016. Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), 701-706.

Paradigma –Jurnal Informatika dan Komputer, Vol. 22 No 1, Maret 2020P-ISSN 1410-5063, E-ISSN: 2579-3500http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/issue/archive/85

Zakaria Hadi, Sewaka, Achmad Udin Zailani. (2020). Pengantar Teknologi Informasi.Tangerang Selatan:Unpam Press.

Zakaria Hadi, Sewaka, Achmad Udin Zailani. (2021).Interaksi Manusia Dengan Komputer. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Published

2022-02-21