IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN REWARD KEPADA MITRA BISNIS MENGGUNAKAN METODE MOORA (Studi Kasus : PT. Esta Digital)

Authors

  • Silviana Dewi universitas Pamulang
  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang

Abstract

PT. Esta Digital Niaga adalah perusahaan yang bergerak dibidang agregator yang dapat di manfaatkan oleh para mitra bisnis untuk mendapatkan penghasilan melalui pemberian referral pendanaan, jual/beli PPOB, dan penjualan produk. Dalam bentuk pelayanan terhadap mitra bisnis nya PT. Esta Digital Niaga memberikan informasi melalui pemberian reward. Tetapi dalam pelaksaan PT. Esta Digital Niaga mengalami persoalan dalam menentukan pemberian reward kepada mitra bisnis. Karena penilaian kinerja yang di lakukan oleh PT. Esta Digital terhadap mitra masih dilakukan berdasarkan analisis management dan dinilai kurang efektif sehingga mempengaruhi kinerja setiap mitra bisnis. Proses penentuan pemberian reward kepada mitra bisnis menjadi hal yang sangat penting agar mendukung tingkat kinerja, dengan adanya penilaian kinerja dapat diketahui dari prestasi yang dicapai setiap mitra bisnis. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode untuk memecahkan masalah tersebut dengan membuat sistem pendukung keputusan itu sendiri, banyak metode penelitian yang dapat dipakai, salah satunya metode MOORA (Multi-Objective Optimization on basis of Ratio Analysis). Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan mencari alternative terbaik terhadap kriteria-kriteria yang telah di tentukan oleh perusahaan menggunakan metode MOORA untuk mencari hasil terbaik serta memangkas waktu rekapitulasi dimana dalam implementasinya menggunakan bahasa pemprograman PHP, dan Mysql sebagai penyimpanan datanya. Dari hasil penelitian ini diharapkan pada aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan metode MOORA ini, dapat menghasilkan penilaian yang objektif terhadap kinerja terbaik untuk Mitra bisnis serta bisa bekerja sama dengan baik pada PT. Esta Digital Niaga.

Kata Kunci: Database, PHP, MySQL, MOORA, Reward, Mitra Bisnis

References

Astuti, E., & Saragih, N. E. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH TERBAIK DENGAN METODE MOORA. JURNAL ILMIAH INFORMATIKA, 8(02), 136-140.

Fatmawati, F., Handayanna, F., & Purnamasari, I. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN KARYAWAN ONLINE UNTUK PENERIMAAN KARYAWAN DENGAN METODE MOORA. J-SAKTI (JURNAL SAINS KOMPUTER DAN INFORMATIKA), 4(2), 487-498.

Irwana, C., Harahap, Z. F., & Windarto, A. P. (2018). SPK: ANALISA METODE MOORA PADA WARGA PENERIMA BANTUAN RENOVASI RUMAH. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA, 10(1), 47-54.

Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., ... & Wanto, A. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN: METODE & IMPLEMENTASI. Yayasan Kita Menulis.

Manurung, S. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN GURU DAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE MOORA. SIMETRIS: JURNAL TEKNIK MESIN, ELEKTRO DAN ILMU KOMPUTER, 9(1), 701-706.

Mesran, M., Pardede, S. D. A., Harahap, A., & Siahaan, A. P. U. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) MENERAPKAN METODE MOORA. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 2(2).

Zakaria, Hadi, Sewaka, Achmad Udin Zailani.2020. Pengantar Teknologi Informasi.Tangerang Selatan:Unpam Press.

Zakaria, Hadi, Sewaka, Achmad Udin Zailani.2021.INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER.Tangerang Selatan: Unpam Pers.

Published

2022-02-21