SISTEM APLIKASI INVENTORI PEMAKAIAN SPECIAL SERVICE TOOLS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PT. ASTRA INTERNATIONAL - TBK TSO TANGERANG DIVISI SERVIS)

Authors

  • Aziz Fabiyanto universitas Pamulang
  • Munaldi Munaldi Universitas Pamulang

Abstract

Perkembangan di era teknologi semakin berkembang dan kebutuhan orang berbeda- beda dengan keinginan mempercepat suatu pekerjaan dengan sistematis dan lebih efektif dan efesiensi. Permasalahan yang di hadapi oleh PT. Astra International –Tbk TSO Cabang Tangerang (Divisi Servis) adalah persediaan tools bengkel masih kurang terorganisir dan belum ada pelaporan penggunaan tools dan Special Service Tools. Penghambat produktifitas kerja karyawan karena tidak ada informasi persediaan tools secara tepat dan keterlambatan membuat laporan. Memudahkan pihak perusahaan dalam proses barang masukan maupun keluar. Penerapan metode dalam penilitian ini adalah dengan tahapan penelitian diawali analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Dari beberapa tahapan yang telah dilakukan dalam peneliti ini dapat menghasilkan laporan stok tools dan informasi Special Service Tools bengkel terbaru ke pengguna.

Kata kunci: Sistem Informasi, Inventori, Pemrograman Web

References

A. C. Prof. Dr. Sri Mulyani. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Andi dan Madcoms. (2016). Pemograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Assyadan. E. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Inventory Alat Tulis Kerja Pada SMK Purna Usaha Tama. JRAMI Vol. 01 No 01 2020. Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indraprasta PGRI.

Fathansyah. (2015). Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

Frieyadie. (2007). Belajar Sendiri Pemograman Database Menggunakan Foxpro 9.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hartono, Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi.Yogyakarta : Andi

Hestiningsih. I, Sulistyo.W, dan Cahyani. I. A. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Peralatan Bengkel Berbasis Web Dengan SMS Gateway di Politeknik Negeri Semarang. Jurnal Informatika Vol. 8 No 2 Edisi Juli 2014. hal 921-932. Semarang: Fakultas Teknik Politeknik Negeri Semarang.

Inventori Alat Tulis Kantor(ATK) Berbasis Web. J-SAKTI Vol 4. No. 1 Maret 2020. Hal 88-96. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Ahmad Dahlan. https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti (Diunduh tanggal 1 Desember 2021).

Kaban. R. (2019). Bootstrap Css Framework. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Pressman. R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku 1. Yogyakarta: Andi.

Ramadahyanti. L dan Rusfa. D. D. R. (2020). Sistem Informasi Inventori Pada Bengkel Pemeliharaan Tabung PT. Arsade Inti. JAAB Vol. 2. No. 2 2020. Jambi: Program Studi Akuntansi Politeknik Jambi. https://ojs.politeknikjambi.ac.id/jaab (Diunduh tanggal 1 Desember 2021).

Raharjo. B. (2015). Belajar Otodidak Framework Code Igniter. Bandung : Informatika.

Rudyanto. A. M. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MYSQL. Yogyakarta: Andi

Syahrina. R. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Di Sekolah Menengah Kejujuran Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.22 No.3 2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Shalahudin. M dan Rosa. A. S. (2015). Tekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Beroientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Simaskot. J, Arief.D .S, dan Susilawati.A. (2017). Manajemen Sistem Informasi Perlengkapan dan Peralatan Bengkel Sepeda Motor Umum Skala UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Berbasis Komputerisasi. Jom FTEKNIK Vol 4 No. 2 Oktober 2017. Riau: Fakultas Teknik Universitas Riau.

Umar. R, Muntiari. N. R, Ermin, Bustomi. I, dan Tella. F. (2020). Pengembangan Sistem

Williams. L. (2006). Testing Overview and Black-Box Testing Techniques

Yakub, dan Hisbanarto. V. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published

2022-02-21