PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN BARANG BERBASIS WEB (STUDI KASUS : PT. TEMPO INTI MEDIA TBK)

Authors

  • Deti Danira universitas Pamulang
  • Ardianto Moenir Universitas Pamulang

Abstract

Perusahaan memiliki sistem yang tepat dan sesuai untuk penerimaan dan pengeluaran barang. Saat menerima dan mengeluarkan barang gudang di PT. Tempo Inti Media Tbk saat ini yang dilakukan dengan manual sehingga kurang efektif dan kurang diperoleh karena menggunakan dokumen penerimaan dan pengeluaran barang yaitu berupa kertas sebagai media penyampaiannya. Admin memasukkan data penerimaan dan pengeluaran barang secara manual dan membutuhkan banyak waktu karena permintaan pengeluaran barang mempengaruhi persediaan barang dan papan kontrol. Untuk itu perlu dirancang suatu informasi penerimaan dan pengeluaran barang untuk mempermudah pekerjaan admin gudang dalam menginput serta mengontrol barang masuk dan keluar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka, metode penelitian adalah kualitatif deskripsi metode ini yang digunakan untuk pemecahan masalah dan metode perancangan menggunakan pemodelan visual berorientasi objek dengan UML, sedangkan pemograman PHP dan MySQL yang digunakan sebagai database. Penelitian ini dapat membantu admin gudang mengelola data, mempercepat waktu yang diperlukan untuk mengelola barang mulai dari   penerimaan   dan   pengeluarannya,   sehingga   pekerjaan   admin   gudang   lebih   efektif.

Kata Kunci: Web, Penerimaan Barang, Pengeluaran Barang, dan Gudang.

References

Andi Taufik, E. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pentas Seni Berbasis Web Pada Sanggar Seni Getar Pakuan Bogor. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 1–7.

Ardiansyah, D. (2016). Sistem Informasi Pendaftaran Event Dengan PHP Untuk Panduan Skripsi. Yogyakarta: CV.ASFA Solution.

Cahyo, N. A. (2018). Analisis dan perancangan desain sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem.

Carvalho, V. O. (2011). Left atrial volume and exercise capacity in adult heart transplant recipients.

H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurniawan, D. Firmansyah, S. Informasi, and S. Pinjam. (2000). PENERAPAN METODE WATERFALL DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN PADA SMK BINA KARYA KARAWANG. vol. 14, no. 4, pp. 13–23.

Hidayat, R. (2017). Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online. Jurnal Teknik Komputer, III(2), 90–96.

J. Cut, N. D. (2019). APLIKASI AKUTANSI PERSEDIAAN OBAT PADA KLINIK KANTOR. vol. 2, no. 1, pp. 24–33.

L. Setiyani. (2021). “Desain Sistem : Use Case Diagram Pendahuluan. no. September, pp. 246–260.

Maulana, M. S. (2015). PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI WEB PENJUALAN. Khatulistiwa Informatika, 2(2), 175–183.

Mcleod Jr, R. G. (2007). Management Information Systems.(10th . USA: Pearson Prentice Hall.

Muhamad, I. H. (2021). Perancangan Sistem Informsi Persediaan Barang PT. Pacific Paint. Technomedia Journal, vol. 5.

Musfikar, L. R. (2020). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Surat Berbasis Web Pada Kantor Lurah Desa Dayah Tuha. vol. 4.

N. H. Cahyana, B. Y. (2012). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG. 252–258.

Novembrianto, A. S. (t.thn.). Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan MySQL ( Studi Kasus pada Toko Surya ). 100-117.

Nuari, A. S. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN

Published

2022-02-21