RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI RUMAH SEWA DI KEBAYORAN INDAH PAVILIUN MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL BERBASIS WEB

Authors

  • Bagus Adi Prabowo universitas Pamulang
  • Iwan Giri Waluyo Universitas Pamulang

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat, penyewaan rumah sewa membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi, karena proses penyewaan rumah sewa saat ini masih menggunakan cara manual yaitu dengan mencari rumah sewa secara langsung. Banyak diantara mereka masih melakukan pemesanan rumah sewa secara langsung di lokasi tempat rumah sewa berada dan informasi yang terbatas mengenai tipe dan fasilitas kamar yang tersedia. Kebayoran Indah Paviliun merupakan salah satu dari sekian banyak rumah sewa yang ada di Jakarta yang belum memanfaatkan internet sebagai media transaksi di dalamnya. Dalam melakukan transaksi pemesanan kamar, pembayaran dilakukan secara manual tanpa memperlibatkan internet sehingga mempersulit penghuni Kebayoran Indah Paviliun untuk melihat history transaksi pembayaran, melakukan komunikasi dengan pemilik rumah sewa, dan sebagainya. Metode pengembangan sistem informasi yang digunakan adalah model waterfall yaitu analisa kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian & testing. Dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) untuk menemukan sumber masalah. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat membantu Pemilik Kebayoran Indah Paviliun dan penyewa dalam melakukan proses penyewaan rumah sewa dengan cara yang lebih terstruktur, efisien dan terkomputerisasi serta mencegah terjadinya kesalahan mengelola data informasi.

Kata kunci : Rancang Bangun, Sistem Informasi, Waterfall, Berbasis Web

References

Amborowati, A., & Marco, R. (2016). PERANCANGAN SISTEM PENGELOLAAN DAN MONITORING BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) PADA SLTPN YOGYAKARTA DALAM UPAYA PENGENDALIAN DANA. Telematika, 9(2), 11-36.

Arief, M. R. (2011). Pemrograman web dinamis menggunakan php dan mysql. Yogyakarta: Andi, 7-19.

Didit Gunawan, Robby Racmatullah, (2016). “Sistem Informasi Sewa Rumah Kost Dan Rumah Kontrakan Berbasis Web di Surakartaâ€. Jurnal Ilmiah Go Infotech, Volume 22, No. 1.

Fathansyah. 2015. Basis Data (Revisi Kedua)., Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Indrajani. 2015. Database Design (Case Study All in One). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Januputro, S., Marhaeni, M., & Rusmana, D. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Ayam Bangkok Berbasis Website dan Sms Gateway. Jurnal rekayasa informasI, 5(2).

Laudon C. Kenneth dan Laudon. P. Jane. 2005. “Sistem Informasi Manajemenâ€. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Pressmen, Roger S. Ph.D. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak-Buku Satu, Pendekatan Praktisi Edisi 7. Yogyakarta: Andi.

Romadhony, L. (2018). TA: Rancang Bangun Sistem Informasi Rumah Kost Online Berbasis Web pada Startup Borhouse (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Whitten Jeffery L dkk. 2004. Metode Desain & Analisis Sistem Edisi 6. Diterjemahkan oleh Tim Penerjemah Andi. Mc Graw Hill Education. Yogyakarta : Andi.

Published

2022-02-21