PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA DI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Semakin berkembangnya IPTEK menjadi lebih modern juga berdampak
kedunia pendidikan yang menuntut agar sistem pendidikan dapat lebih menyesuaikan
zaman pula. Sebagai dampak perkembangan IPTEK didunia pendidikan, maka hal
tersebut dapat mengubah polapikir pendidik menfasilitasi pendidik dalam mengajar
dan/atau juga terfasilitasinya peserta didik dalam belajar salah satunya dalam
penggunaan media pembelajaran. media pembelajaran adalh segala sesuatu dan/atau
alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau materi yang dapat merangsang
pikiran dan perasaan peserta didik sehingga terjadilah yang namanya proses
belajar.Hamalik mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses
belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, meningkatkan
motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh
psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi
pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan
penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Sehingga dari pernyataan
pernyataan yang ada dapat dilihat seberapat berperan pentingnya media pembelajaran
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : media pembelajaran, hasil belajar
References
Menurut Miarso (2004) “PENGERTIAN ATAU DEFINISI MEDIA
PEMBELAJARAN MENURUT PARA AHLI
http://www.definisi-pengertian.com/2015/10/definisi-pengertian-mediapembelajaran-ahli.html?m=1
Menurut Slameto (2015:2); Menurut Ihsana (2017:4); Menurut Syaiful dan Aswan
(2014:5); Menurut Tirtarahardja dan Sulo (2015:129); “PENGERTIAN
BELAJAR†dalam “Tinjauan Pustakaâ€
http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/299/4/BAB%20II.pdf
Menurut Rusmono (2017) “PENGERTIAN HASIL BELAJAR†dalam “Tinjauan
Pustaka†http://digilib.iainkendari.ac.id/2827/3/BAB%202.pdf
Kunandar,(2013:62); Susanto, (2013:5); “PENGERTIAN HASIL BELAJAR
MENURUT PARA AHLIâ€
https://www.guruberbagi.net/2018/12/pengertian-hasil-belajar-menurutahli.html
Azhari, (2015); “PENGERTIAN MEDIAâ€
https://eprints.umm.ac.id/44271/3/BAB%20II.pdf
Surayya, (2012); Falahuddin,(2014); “PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN†dalam “Tinjauan Pustakaâ€
https://eprints.umm.ac.id/44271/3/BAB%20II.pdf
Siti Nur Azizah (2021) “MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ALQUR’AN DAN AL-HADITSâ€jurnalliterasiologo
https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/downl
oad/242/279/991
Asep Saripudin, S.Pd. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ABK “
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/1965051619
-
ASEP_SARIPUDIN/Pengembangan_Media_Pembelajaran_ABK.pdf
Ni Luh Putu Ekayani (2017) “PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
SISWAâ€
https://www.researchgate.net/publication/315105651_PENTINGNYA_PE
NGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKA
N_PRESTASI_BELAJAR_SISWA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms