Implementasi Metode Decission Tree Dalam Menentukan Tingkat Prestasi Belajar Siswa Di SMP NEGERI 83 JAKARTA
Abstract
Banyak siswa yang berprestasi tetapi tidak dapat memahami materi yang diajarkan, serta kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membina siswa berprestasi dan siswa rajin tetapi tidak berprestasi. Agar siswa dapat menangkap konsep pelajaran secara efektif dalam meningkatan kualitas pendidik sangat penting dalam membina siswa yang berprestasi dan siswa yang rajin tetapi tidak berprestasi. Penelitian ini memanfaatkan metode teknik data mining khususnya Decision Tree dengan Algoritma C4.5 untuk memprediksi prestasi siswa secara akurat. Sehingga dapat mengefektifkan proses pengambilan keputusan bagi dalam menentukan siswa berprestasi. Untuk pengumpulan data dilakukan wawancara dan observasi langsung di SMP 83 Jakarta. Analisis difokuskan pada data traning yang dikumpulkan selama tahun ajaran 2020-2021. Hasil dari penelitian ini dengan 100 data didapatkan siswa berprestasi berjumlah 17 siswa dan siswa tidak berprestasi berjumlah 83 siswa diharapkan dapat menunjukkan bahwa penerapan data mining Decision Tree dengan Algoritma C4.5 berhasil memprediksi prestasi siswa dan memberikan pengambilan keputusan metode pembelajaran yang cocok untuk siswa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada SMP 38 Jakarta dalam mengambil keputusan untuk metode yang baik dalam menerapkan metode pembelajaran yang cocok antara siswa berprestasi dan yang rajin.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms