SISTEM INFORMASI LAPORAN HASIL PEMBELAJARAN SANTRI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMING BERBASIS WEB PADA TPQ AL-QAF

Authors

  • Fitri Yanti Universitas Pamulang
  • Jaka Sutresna Universitas Pamulang
  • Ahmad Musyafa Universitas Pamulang

Abstract

TPQ Al-QAF, Kota Administrasi Bogor, merupakan salah satu instansi Pendidikan Islam, saat ini proses Laporan Hasil pembelajaran Islam masih sederhana dengan menggunakan kertas jika ada santri yang mau melihat hasil belajar selama 1 semester .  Banyak  data-data santri  yang  telah  di  catat  hilang  atau dikarenakan penyimpanan dibiarkan menumpuk dan tidak rapih. Tujuan penelitian   ini adalah   merancang Website Sistem Laporan Hasil Pembelajaran Islam pada TPQ   AL-QAF .   Pengumpulan   data dilakukan dengan Cara wawancara,observasi dan Studi pustaka. Tahap penelitian dimulai dari analisis sistem, kemudian Analisis pengembangan sistem. Analisis sistem menggunakan  berorentasi Objek, sedangkan pengembangannya menggunakan metode Extream Programing. Sistem ini dirancang Dengan  alat  bantu  UML  (Unified  Modeling  Language) Sistem ini dirancang Dengan  alat  bantu  UML  (Unified  Modeling  Language) untuk requirement, membuat  analisis  dan  desain,  serta  menggambarkan  arsitektur  dalam pemrograman   berorientasi   objek.   , bahasa pemrograman yang dgunakan Adalah HTML, CSS, dan PHP, Database dibuat menggunakan MySOL Database MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut Relational Database Management System (RDBMS). Hasil penelitian Adalah website Hasil Pembelajaran Islam di TPQ AL_QAF  yang  memudahkan  Pihak  TPQ pada proses Laporan Hasil Pembelajaran Islam Para  Santri. Sistem informasi data e-rapot Pembelajaran lebih efektif dan efesien sehingga orang tua dapat melihat hasil Laporan belajar  tersebut dan mempermudah Ustad dan Ustadzah  dalam Mengolah data Pembelajaran Santri. Menggunakan metode extream programing. XP mendorong keterlibatan aktif customer, yang dalam hal ini dapat menjadi pengajar atau pengelola TPQ Al-Qaf. Dengan melibatkan mereka secara langsung dalam pengembangan sistem, mereka dapat memberikan masukan dan umpan balik secara real-time tentang kebutuhan laporan hasil pembelajaran yang mereka harapkan. Dalam XP, pengembangan dilakukan secara iteratif dan inkremental. Hal ini berarti bahwa e-rapot pembelajaran dapat dikembangkan dalam iterasi pendek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan umpan balik dari pengguna. Ini memungkinkan untuk memperbaiki dan menyesuaikan laporan lebih cepat daripada dengan pendekatan pengembangan tradisional. Dengan praktik pengujian yang berkelanjutan dalam XP, laporan hasil pembelajaran dapat diuji secara terus menerus selama pengembangan untuk memastikan kualitasnya. Ini dapat mengurangi kesalahan dan masalah yang mungkin muncul di tahap akhir. Melalui praktik seperti pemrograman berpasangan, seluruh tim pengembangan dapat terlibat dalam pembuatan laporan hasil pembelajaran. Ini memungkinkan berbagi pengetahuan dan pengalaman, yang dapat menghasilkan solusi yang lebih baik dan lebih terstruktur. XP dikenal karena responsivitasnya terhadap perubahan kebutuhan. kebutuhan terhadap jenis laporan atau informasi yang diinginkan oleh pengajar atau pengelola TPQ Al-Qaf mungkin berubah dari waktu ke waktu. XP memungkinkan penyesuaian cepat terhadap perubahan tersebut tanpa mengganggu keseluruhan proses pengembangan. Dengan demikian, penerapan XP dalam pengembangan sistem informasi untuk membuat laporan hasil pembelajaran santri di TPQ Al-Qaf dapat memberikan kemudahan yang signifikan dalam hal keterlibatan pelanggan, respons terhadap perubahan, dan peningkatan kualitas hasil akhir. Tim pengembang dapat menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan kemampuan adaptasi yang kuat terhadap perubahan, sehingga memenuhi kebutuhan dan kepuasan customer.

Published

2024-06-30