SISTEM INFORMASI LAPORAN HASIL PEMBELAJARAN SANTRI MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMING BERBASIS WEB PADA TPQ AL-QAF
Abstract
TPQ Al-QAF, Kota Administrasi Bogor, merupakan salah satu instansi Pendidikan Islam, saat ini proses Laporan Hasil pembelajaran Islam masih sederhana dengan menggunakan kertas jika ada santri yang mau melihat hasil belajar selama 1 semester . Banyak data-data santri yang telah di catat hilang atau dikarenakan penyimpanan dibiarkan menumpuk dan tidak rapih. Tujuan penelitian ini adalah merancang Website Sistem Laporan Hasil Pembelajaran Islam pada TPQ AL-QAF . Pengumpulan data dilakukan dengan Cara wawancara,observasi dan Studi pustaka. Tahap penelitian dimulai dari analisis sistem, kemudian Analisis pengembangan sistem. Analisis sistem menggunakan berorentasi Objek, sedangkan pengembangannya menggunakan metode Extream Programing. Sistem ini dirancang Dengan alat bantu UML (Unified Modeling Language) Sistem ini dirancang Dengan alat bantu UML (Unified Modeling Language) untuk requirement, membuat analisis dan desain, serta menggambarkan arsitektur dalam pemrograman berorientasi objek. , bahasa pemrograman yang dgunakan Adalah HTML, CSS, dan PHP, Database dibuat menggunakan MySOL Database MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut Relational Database Management System (RDBMS). Hasil penelitian Adalah website Hasil Pembelajaran Islam di TPQ AL_QAF yang memudahkan Pihak TPQ pada proses Laporan Hasil Pembelajaran Islam Para Santri. Sistem informasi data e-rapot Pembelajaran lebih efektif dan efesien sehingga orang tua dapat melihat hasil Laporan belajar tersebut dan mempermudah Ustad dan Ustadzah dalam Mengolah data Pembelajaran Santri. Menggunakan metode extream programing. XP mendorong keterlibatan aktif customer, yang dalam hal ini dapat menjadi pengajar atau pengelola TPQ Al-Qaf. Dengan melibatkan mereka secara langsung dalam pengembangan sistem, mereka dapat memberikan masukan dan umpan balik secara real-time tentang kebutuhan laporan hasil pembelajaran yang mereka harapkan. Dalam XP, pengembangan dilakukan secara iteratif dan inkremental. Hal ini berarti bahwa e-rapot pembelajaran dapat dikembangkan dalam iterasi pendek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan umpan balik dari pengguna. Ini memungkinkan untuk memperbaiki dan menyesuaikan laporan lebih cepat daripada dengan pendekatan pengembangan tradisional. Dengan praktik pengujian yang berkelanjutan dalam XP, laporan hasil pembelajaran dapat diuji secara terus menerus selama pengembangan untuk memastikan kualitasnya. Ini dapat mengurangi kesalahan dan masalah yang mungkin muncul di tahap akhir. Melalui praktik seperti pemrograman berpasangan, seluruh tim pengembangan dapat terlibat dalam pembuatan laporan hasil pembelajaran. Ini memungkinkan berbagi pengetahuan dan pengalaman, yang dapat menghasilkan solusi yang lebih baik dan lebih terstruktur. XP dikenal karena responsivitasnya terhadap perubahan kebutuhan. kebutuhan terhadap jenis laporan atau informasi yang diinginkan oleh pengajar atau pengelola TPQ Al-Qaf mungkin berubah dari waktu ke waktu. XP memungkinkan penyesuaian cepat terhadap perubahan tersebut tanpa mengganggu keseluruhan proses pengembangan. Dengan demikian, penerapan XP dalam pengembangan sistem informasi untuk membuat laporan hasil pembelajaran santri di TPQ Al-Qaf dapat memberikan kemudahan yang signifikan dalam hal keterlibatan pelanggan, respons terhadap perubahan, dan peningkatan kualitas hasil akhir. Tim pengembang dapat menghasilkan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan kemampuan adaptasi yang kuat terhadap perubahan, sehingga memenuhi kebutuhan dan kepuasan customer.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms