PERANCANGAN APLIKASI FORECASTING PENJUALAN DENGAN METODE MOVING AVERAGE DAN EXPONENTIAL SMOOTHING BERBASIS WEB

Authors

  • teti desyani Universitas Pamulang
  • Aji Indra Jaya

Abstract

Peramalan (Forecasting) adalah metode untuk memperkirakan suatu nilai dimasa depan dengan menggunakan data masa lalu. PT. GREEN FRESH dan PT. JAKARTA SENTRA AROMA merupakan toko retail yang menjual berbagai produk pangan di kota jakarta. Seiring dengan waktu perkembangan dunia teknologi yang semakin maju, dengan ditemukannya komputer maka pekerjaan manusia dirasa semakin mudah. Komputer dimasa sekarang ini sering disebut sebagai mitra kerja, sehingga sudah tidak asing lagi dengan adanya komputer. Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai analisis peramalan penjualan pada PT. GREEN FRESH dan PT. JAKARTA SENTRA AROMA. Peramalan yang dilakukan mengggunakan dua model metode yaitu “Moving Average†dan “Exponential Smoothing†dengan membandingkan tingkat kesalahan (error) terkecil. Dengan memakai dua jenis metode tersebut perusahaan dapat melihat hasil terbaik dan peramalan mana yang paling cocok untuk penjualan pada PT. GREEN FRESH dan PT. JAKARTA SENTRA AROMA

References

Loudon, Kenneth C., Loudon, Jane P., "Management Information System Managing The Digital Firm", Pearson Prentice Hall, 2006.

Bentley dan Whitten, “System Analysis and Design For The Global Enterpriseâ€, Hal-160, 2009.

Bentley, Lonnie D, dan Jeffrey L Whitten, “Systems Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Editionâ€, New York: McGraw-Hill, (2007).

Robert G Murdick, dkk, “Sistem Informasi Untuk Manajemen Modernâ€, Erlangga, Jakarta, 1991.

Jogiyanto, H.M., “Analisa dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnisâ€, ANDI, Yogyakarta, 2005.

Lani Sidharta, “Pengantar Sistem Informasi Bisnisâ€, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1995.

Gasperz, Vincent, “Total Quality Managementâ€, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2002.

Gasperz, Vincent, “Total Quality Managementâ€, PT. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta, 2005.

Kusuma, Hendra, “Manajemen Produksiâ€, Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Andi, Yogyakarta, 2004.

Heizer, Jay and Barry Render, “Manajemen Operasiâ€, Edisi 9 (Diterjemahkan oleh: Chriswan Sungkono), Salemba Empat: Jakarta, 2009.

Heizer, Jay and Barry Render, “Manajemen Operasiâ€, Edisi 9 Buku 1, Salemba Empat: Jakarta, 2005.

Assauri, Sofyan, “Manajemen Produksi dan Operasiâ€, Edisi Revisi Lembaga Penerbit, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008.

Gaspersz, Vincent, “Production Planning and Inventory Controlâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

Djarwato P.S., dan Pangestu Subagyo, “Statistik Induktifâ€. Edisi 4 BPFE, Djarwanto, Yogyakarta, 2002.

Sotjan Assauri, “Teknik A Metode Peramalan Penerapannya Dalam Ekonomi & Duma Usahaâ€, Fakultas Ekonomi UI. Jakarta, 1984.

Makridakis, dkk, “Metode dan Aplikasi Peramalan Jilid 1 Edisi 2â€, Bina Rupa Aksara, Jakarta, 1999.

Bowerman, B. L. & O’Connell, R.T., “Time Series Forecastingâ€, Duxbury Press, Boston, 1987.

Westwood, John, “How To Write Marketing Planâ€, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2006.

Downloads

Published

2020-07-15