ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING (E-LEARNING) (STUDI KASUS: SMP AN-NURMANIYAH)
Abstract
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING (E-LEARNING). Pada era modern seperti sekarang ini, teknologi informasi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia agar dapat membantu serta memudahkan manusia dalam melakukan aktifitasnya. Teknologi informasi sekarang ini dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. SMP An-Nurmaniyah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan dan Pengajaran yang Terbaik, Terkini dan Terunggul. Untuk saat ini fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah sangat membantu siswa dalam proses belajar mereka. Namun disamping fasilitas yang lengkap, SMP An-Nurmaniyah belum mempunyai media pembelajaran berbasis e-learning yang memudahkan apabila ada guru yang berhalangan hadir dan tidak sempat menyampaikan materi pembelajaran atau siswa yang tidak masuk sekolah sehingga tertinggal materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru, dan materi yang disampaikan cenderung tidak maksimal karena terbatasnya waktu mengajar di kelas. Untuk mengurangi kelemahan tersebut, SMP An-Nurmaniyah perlu sebuah sistem pembelajaran online learning(e-learning). Model pengembangan yang digunakan adalah Model waterfall yang meliputi analisis, desain, implementasi dan pengujian.Pengujian yang dilakukan pada sistem ini adalah Blackbox Testing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Sistem Pembelajaran OnlineLearning Berbasis website telah mengakomodasi guru yang bertugas untuk dapat memberikan materi dan tugas, dengan mudah dapat diakses lewat internet.References
Dewi, A. K. (2012). Perancangan Dan Implementasi E-Learning Berbasis Web. 21.
Fathurrohman, & Hikmawati, N. K. (2018). Perancangan Tata Kelola Akademik Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi. Vol. 8 No. 1 Edisi Mei 2018, 20-25.
Ghazali, K. (2014). Sistem E-Learning Untuk Mendukung Proses Belajar.
Maulina, D., & Bernadhed. (2017). Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo. jurnal ilmiah DASI Data Manajemen dan Teknologi Informasi, 8.
Nugroho, B. (2011). Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX(6, 7, 2010) dan 8. Jogjakarta: GAVE MEDIA.
Nuh, M. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Presensi Siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Finger Print. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 1-5.
O'Brien, J., & Marakas, G. M. (2016). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
S, R. A., & M. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Susanto, W. E., & Astuti, G. A. (2017). Perancangan e-learning berbasis web pada SMP Negeri 3 patuk Guning Kidul Yogyakarta. jurnal Bianglala Informatika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms