ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING (E-LEARNING) (STUDI KASUS: SMP AN-NURMANIYAH)

Authors

  • rina rachmatika Universitas Pamulang
  • Anggari Tri Istyawan

Abstract

ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE LEARNING (E-LEARNING). Pada era modern seperti sekarang ini, teknologi informasi dikembangkan sesuai dengan kebutuhan manusia agar dapat membantu serta memudahkan manusia dalam melakukan aktifitasnya. Teknologi informasi sekarang ini dibutuhkan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan. SMP An-Nurmaniyah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan dan Pengajaran yang Terbaik, Terkini dan Terunggul. Untuk saat ini fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah sangat membantu siswa dalam proses belajar mereka. Namun disamping fasilitas yang lengkap, SMP An-Nurmaniyah belum mempunyai media pembelajaran berbasis e-learning yang memudahkan apabila ada guru yang berhalangan hadir dan tidak sempat menyampaikan materi pembelajaran atau siswa yang tidak masuk sekolah sehingga tertinggal materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru, dan materi yang disampaikan cenderung tidak maksimal karena terbatasnya waktu mengajar di kelas. Untuk mengurangi kelemahan tersebut, SMP An-Nurmaniyah perlu sebuah sistem pembelajaran online learning(e-learning). Model pengembangan yang digunakan adalah Model waterfall yang meliputi analisis, desain, implementasi dan pengujian.Pengujian yang dilakukan pada sistem ini adalah Blackbox Testing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Sistem Pembelajaran OnlineLearning Berbasis website telah mengakomodasi guru yang bertugas untuk dapat memberikan materi dan tugas, dengan mudah dapat diakses lewat internet.

References

Dewi, A. K. (2012). Perancangan Dan Implementasi E-Learning Berbasis Web. 21.

Fathurrohman, & Hikmawati, N. K. (2018). Perancangan Tata Kelola Akademik Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi. Vol. 8 No. 1 Edisi Mei 2018, 20-25.

Ghazali, K. (2014). Sistem E-Learning Untuk Mendukung Proses Belajar.

Maulina, D., & Bernadhed. (2017). Perancangan Sistem Informasi E-Learning Pada SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo. jurnal ilmiah DASI Data Manajemen dan Teknologi Informasi, 8.

Nugroho, B. (2011). Latihan Membuat Aplikasi Web PHP dan MySQL dengan Dreamweaver MX(6, 7, 2010) dan 8. Jogjakarta: GAVE MEDIA.

Nuh, M. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Presensi Siswa pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Finger Print. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 1-5.

O'Brien, J., & Marakas, G. M. (2016). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

S, R. A., & M. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Susanto, W. E., & Astuti, G. A. (2017). Perancangan e-learning berbasis web pada SMP Negeri 3 patuk Guning Kidul Yogyakarta. jurnal Bianglala Informatika.

Downloads

Published

2020-07-15