ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SDN GROGOL 02 KOTA DEPOK

Authors

  • Shandi Noris universitas Pamulang

Abstract

Perpustakaan adalah tempat yang berisi buku-buku koleksi, yang dikumpulkan dan disusun sesuai dengan aturan sehingga mudah untuk dicari apabila diperlukan oleh pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi perpustakaan berbasis web pada SDN Grogol 02 Kota Depok yang dapat mempermudah pendataan peminjaman buku. Masalah yang dihadapi oleh perpustakaan saat ini adalah sistem yang tertulis saat ini menyebabkan penumpukan banyak data pada buku dan menghabiskan banyak tempat untuk menyimpan datadata tersebut, sering terjadinya kehilangan data kerena data tidak disimpan ditempat yang aman, pustakawan akan mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian koleksi buku dan stok buku yang membutukan waktu lebih lama apabila harus melakukan pencarian koleksi rak demi rak, sistem peminjaman buku saat ini masih tertulis di buku dalam hal pengumpulan data nama siswa, judul buku, kelas, tanggal peminjaman buku, tanggal pengembalian buku dan keterangan status peminjaman. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk penelitian ini adalah bahasa pemrograman PHP dan SQL. Hasil dari penelitian ini pengelolaan dalam peminjaman buku, pencarian buku, peminjaman, pengembalian koleksi buku, pembuatan laporan peminjaman buku menjadi lebih mudah.

References

Ayu, F., & Permatasari, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Praktek Kerja Lapangan (PKL) Pada Devisi Humas PT.Pengadaian. Jurnal Intra-Tech , 12-26.

Februariyanti, H., & Zuliarso, E. (2012). Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Teknologi Informasi Dinamik, 132-133.

Hermawan, R., Hidayat, A., & Utomo, V. G. (2016). Sistem Informasi

Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web . Indonesian Journal on Software Engineering, 31-38.

Mujilahwati, S., & Muhtadin, S. (2014). Sistem Manajemen Perpustakaan (Online) Pada SMP “Empat Lima†2 Kedungpring Lamongan

Prayitno, A., & Safitri, Y. (2015). Pemanfaatan Sistem Informasi Perpustakaan Digital Berbasis Website Untuk Para Penulis. IJSE Indonesian Journal on Software Engineering , 1-10.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi.

Sari, H. P. (2017). Sistem aplikasi pengolahan nilai raport SDN Tanjunganom 2 Kecamatan Tanjunganom Nganjuk. Jurnal Antivirus, 65-80.

Shalahuddin, M., & Rosa. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Downloads

Published

2020-07-15