PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TATA SURYA DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Authors

  • Heri Haerudin University Pamulang
  • Dina Dwi Juliana

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang dengan pesat, salah satunya adalah teknologi citra tiga dimensi (3D) yang banyak digunakan untuk industri hiburan yang memang lebih menarik minat dari mulai anak-anak masa usia sekolah dasar. diharapkan dengan dibuatnya aplikasi pengenalan tata surya dengan augmented reality berbasis android ini dapat menciptakan alat maupun metode pembelajaran tentang tata surya dengan lebih interaktif dan menarik serta dapat membantu menyampaikan informasi tentang tata surya. Penelitian dan pengembangan aplikasi menggunakan metode penelitian Model Waterfall. Aplikasi Pengenalan Tata surya Dengan Augmented Reality Berbasis Android ini dapat meningkatkan minat belajar anak tentang pengetahuan alam dengan media yang berbeda dan lebih interaktif.

References

Ronald, T., A. 2008, A Survey of Augmented Reality, Presence, Tele operators and Virtual Environments, Malibu, California.

Ika, Y., 2011, Peningkatan Hasil Belajar IPA Materu Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pad Siswa Kelas IV SD Negri 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar, Tesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.

Roger S., P., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, edisi 7, diterjemahkan oleh Andi, Pendekatan Praktisi, Yogyakarta.

Budi P., dkk., 2007, Teori dan Aplikasi Fisika SMP Kelas IX, Bogor Jawa Barat, Yudistira.

Wikipedia, 2017, Tata Surya, https://id.wikipedia.org/wiki/Tata_Surya, diakses tgl 07 Desember 2017.

Bonny, A., S., 2010, Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Memvisualisasikan Produk Perumahan Melalui Internet, Tesis, Jurusan Arsitektur, Fakultas Saint dan Teknologi, Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat.

Wikipedia, 2017, Unity (Game Engine), https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine), diakses tgl 26 Oktober 2017

Downloads

Published

2020-07-15