SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SAMPEL RESPONDEN SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL MENGGUNAKAN METODE SAW DAN TOPSIS PADA BADAN STATISTIK KOTA TANGERANG

Authors

  • perani rosyani Universitas Pamulang
  • Umdatul Qori Halim

Abstract

Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) adalah salah satu survei pengumpulan data yang berkaitan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat, diperlukan sampel responden sebagai objek atau sasaran survei dalam menjalankan kegiatan tersebut. tujuan penulisan ini adalah membuat sistem penunjang keputusan yaitu sistem yang dapat membantu permasalahan dalam pemilihan responden dengan mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran berbasis web.penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). SAW merupakan salah satu metode penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua kriteria yang di perlukan.sedangkan dalam metode TOPSIS adalah suatu metode pendukung keputusan yang didasarkan pada konsep alternatif yang terbaik tidak hanya memiliki jarak tependek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif.

References

Badan Pusat Satistik.2015.Pedoman Pencacahan Modul Sosial Budaya Dan Pendidikan, Jakarta : Badan Pusat Statistik.

Karmilasari.2008.Logika Fuzzy.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R.2006.Fuzzy Multi-Atribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogykarta : Graha Ilmu.

Turban, Efrain, & al, e.2005.Decision Support Systems and Intelegent Systems. New Jersey : Person Education

Downloads

Published

2020-07-15