ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB (Studi Kasus : Bina Adzkia Serua Bojongsari)

Authors

  • rina rachmatika Universitas Pamulang
  • Maulana Syifa Nurmansyah

Keywords:

sistem informasi, pengelolaan data, penyimpanan data

Abstract

Akademik adalah kegiatan yang berhubungan dengan dunia pendidikan, seperti proses belajar mengajar antara siswa dan kegiatan didalam lingkup suatu institusi pendidikan. Pada SMP Bina Adzkia Serua Bojongsari, belum adanya media penyimpanan data akademik yang lebih terstruktur dan sarana penyampaian informasi dalam pengelolaan nilai belum dilakukan secara online. Tujuan dibuatnya sistem ini adalah untuk merancang dan membantu pengelolaan data akademik yang lebih terintegrasi dengan database sebagai salah satu media penyimpanan yang lebih terstruktur dan mudah untuk proses penyimpanan, yang bisa memberikan informasi bagi orang tua murid mengenai hasill pembelajaran secara online. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi akademik, mempermudah dalam penyampaian informasi akademik secara online .

References

Azni, M. A. (2016). Perancangan Sistem Akademik. Merancang Dan Menggunakan metode waterfall, 8-9.

Dede Kurniadi, A. M. (2016). Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Implementasi Pengembangan Student Information untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa, 437-439.

Eko Putra Membara, L. Y. (2014). Sistem Informasi Akademik SMP Negri 2 Talang Empat. Jurnal Media Infotama Vol.10, 73.

Fathansyah. (2015). Basis Data Revisi Kedua. Bandung: Informatika Bandung.

Haida Dafitri, Marina Elsera. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web ( studi kasus: SMA Swasta Harapan I Medan ). 01.

Ir Abdul Rahman Saleh, M. (2010). Pengantar Teknologi Informasi. Teknologi Informasi, 1-2.

Jogiyanto. (2009). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Putra, E. (2014). Sistem Informasi Akademik Smp Negeri 2 Talang empat. Perancangan analisa, 5-7.

Shalahudin, R. A. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Zaki, R. M. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Nilai Akademik. Jurnal Algoritma, 1-3.

Munawaroh, and Niki Ratama. 2019. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android.†Satin 5(2):17–24.

Ratama, Niki. 2018. “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android.†Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3(2):177–83.

Ratama, Niki. 2020. “IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID.†3(2):129–39.

Published

2020-10-26