ANALISIS KERUSAKAN PADA MESIN ATM NCR DENGAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB DI PT. ARMORINDO ARTHA

Authors

  • Achmad Lutfi Fuadi
  • Achmad Fahlefi

Keywords:

Analisa kerusakan mesin ATM, Sistem Pakar, Metode Fordward Chaining

Abstract

Salah satu pemanfaatan  dan  penggunaan  perkembangan  teknologi komputer  itu adalah didalam dunia perbankkan.Saat ini dunia perbankkan di Indonesia semuanya telah menggunakan teknologi ATM ( Automated Teller Machine) atau dikenal juga dengan sebutan Anjungan Tunai Mandiri.

Permasalahan yang sering dihadapi pada PT.Armorindo Artha adalah Lamanya proses penanganan kerusakan mesin atm pada staff baru dan cara yang digunakan masih metode lama atau meraba satu per satu komponen mesin ATM.. Salah satu metode yang digunakan untuk menganalisa suatu kerusakan mesin ATM adalah metode fordward chaining. Metode ini digunakan untuk mendapatkan solusi dari problem berdasarkan kondisi yang ada, atau suatu proses yang memulai pencarian dari premis atau data menuju konklusi (data-driven). Cara kerjanya adalah inference engine menyalakan atau memilih rule-rule dimana bagian premisnya cocok dengan informasi yang ada pada bagian working memory.

References

Yuwono, B. A. (2007). ANALISA DARI DESAIN DAN PERMASALAHAN PADA MESIN ATM DI BANK MEGA. ANALISA DARI DESAIN DAN PERMASALAHAN PADA MESIN ATM DI BANK MEGA, 2.

Adinoto, T. S. (2013). Perancangan Absesi Karyawan SMP Negeri 1 Kramat Tegal. Universitas Dian Nusantoro.

Munawaroh. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Poltek Tegal, 03(02), 184–189.

Munawaroh, & Ratama, N. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin, 5(2), 17–24.

Ratama, N. (2018). Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 177–183. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i2.848

Ratama, N. (2020). IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID. 3(2), 129–139. https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269

Published

2020-10-26