ANALISA PERBANDINGAN ALGORITMA KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE, DECESSION TREE DAN NAIVE BAYES

Authors

  • agus heri yunial Pamulang University

Keywords:

Data Mining, Klasifikasi, Support Vector Machine, Decession Tree, Naive Bayes

Abstract

Data bisa hanya menjadi sebatas sekumpulan fakta atau statistik bagi seseorang namun bisa juga menjadi informasi yang sangat berguna jika diolah dan digali demi mendapatkan suatu informasi baru yang bisa digunakan sebagai analisa dan persiapan yang akan terjadi kedepannya, dimana pengolahan data tersebut dinamakan data mining. Klasifikasi adalah salah satu algoritma pada data mining yang menelompokan suatau data kedalam kriteria atau kategori tertentu dengan membaca data sebelumnya yang sudah ada. Beberapa algoritma klasivikasi yang sering digunakan diantaranta adalah Support Vector Machine, Decession Tree, dan Naive Bayes. Dimana pada penelitian ini akan dilakukan analisa terhadap hasil dari nilai akurasi ketiga algortima tersebut dalam mengklasifikasikan suatu data. Data yang digunakan berupa dataset dari uci Machine Learning diantaranya Chronic Kidney Disease, facebook large, dan Breast Cancer. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai akurasi rata-rata menggunakan algoritma decision tree adalah sebesar 87.43 % dan merupakan nilai akurasi tertinggi dari kedua algoritma lainnya. Algoritma Support Vector Machine adalah sebesar 87.16 %, dan nilai akurasi rata-rata menggunakan algoritma Naive Bayes adalah sebesar 84.92 %.

References

A. B. Wibisono dan A. Fahrurozi, “Perbandingan Algoritma Klasifikasi Dalam Pengklasifikasian Data Penyakit Jantung Koroner,†Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, pp. 161-170, 2019.

A. P. A. Rahayuningsih dan R. Maulana, “Analisis Perbandingan Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Dataset Blogger Dengan Rapid Miner,†Jurnal Khatulistiwa Informatika, pp. 20-28, 2018.

D. Prajarini, “Perbandingan Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Prediksi Penyakit Kulit,†Informatic Journal, pp. 137-141, 2016.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Deepublish, 2012.

Kusrini dan E. T. Lutfi, Algoritma Data Mining, Yogyakarta: Andi, 2009.

D. Nurdiyah dan I. A. Muwakhid , “Perbandingan Support Vector Machine Dan K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Telur Fertil Dan Infertil Berdasarkan Analisis Texture GLCM,†Jurnal Transformatika, pp. 29-34, 2016.

D. R. D. Lestari, “Perbandingan Klasifikasi Beasiswa Toyota Astra Menggunakan K-Nearest Neighbor Classifier Dan Naïve Bayes Sebagai Penentu Metode Klasifikasi Pada Spk Penerimaan Beasiswa Toyota Astra,†2017.

X. Li, L. Wang dan E. Sung, “AdaBoost with SVM-based component classifiers,†Engineering Applications of Artificial Intelligence, pp. 785-795, 2008.

J. Han, M. Kamber dan J. Pei, Data mining: Concepts and Techniques (3th ed.), Waltham: Elsevier, 2012.

Kusnawi, “Pengantar Solusi Data Mining,†Seminar Nasional Teknologi 2007, pp. 1-9, 2007.

P. Rahmadi, N. K. Tachjar dan L. S. Istiyowati, “Extracting Features On Indonesian Rupiah Notes Using 2DPCA Algorithm For Forged Detection,†International Conference for Emerging Markets, pp. 1-6, 2013.

E. Prasetyo, Data Mining: Konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab, Yogyakarta: Andi, 2012.

P. Flach, “Machine Learning: The Art and Science of Algorithms that Make Sense of Dataâ€.

S. Fitri, “Perbandingan Kinerja Algoritma Klasifikasi Naïve Bayesian, Lazy-Ibk, Zero-R, Dan Decision Tree- J48,†DASI, pp. 33-37, 2014.

N. Ratama, “IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID,†vol. 3, no. 2, pp. 129–139, 2020, [Online]. Available: https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269.

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,†J. Inform. J. Pengemb. IT Poltek Tegal, vol. 03, no. 02, pp. 184–189, 2018.

Published

2020-10-26