PERANCANGAN APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DENGAN MODEL PROTOTYPE PADA SMPN 7 KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Mukhlishoh Syaukati Robbi
  • Budi Apriyanto

Keywords:

E-Learning, Guru, Siswa, Penugasan, Prototype

Abstract

Kemajuan pendidikan akan sangat berarti bagi kemajuan suatu bangsa, khususnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya penerapan teknologi informasi dan komunikasi khusus dalam bidang pendidikan salah satunya adalah sistem pembelajaran dengan menggunakan media internet atau sering disebut E-Learning. Dengan adanya E-Learning yang memudahkan dalam proses belajar mengajar di sekolah, guru dapat memberikan materi dan tugas dimana saja, siswa dengan mudah mendapatkan materi pembelajaran, dan juga memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tanpa terhalang oleh ruang kelas dan waktu. Metode pengembangan sistem yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode Prototype. Metode Prototype adalah pembuatan prototipe perangkat lunak atau siklus hidup menggunakan prototyping. Salah satu metode siklus hidup sistem didasarkan pada konsep model kerja. Dimana pengembang sistem dan klien dapat melihat dan melakukan percobaan sejak awal proses pengembangan. Dalam metode Prototype terdapat tiga tahapan (3) siklus pengembangan, yaitu: Tahap Pengumpulan Kebutuhan, Tahap Pembuatan Prototipe, dan Tahap Uji Coba.

References

Arif, M. (2016). Bahan Ajar Rancangan Teknik Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemanahan Konsep dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-2.

Enterprise, J. (2017). Ototdidak Pemrograman Javascript. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Fandi , M. P., & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan Modul Berbasis E-Learning dengan Menggunakan CMS Joomla Pada Mata Pelajaran Animasi 2d Kelas XI Di SMKN 3 Surabaya. Jurnal IT-Edu. Volume 01 Nomor 02, 33.

Fathansyah. (2018). Basis Data (Revisi Ketiga). Bandung: Informatika Bandung.

Fatmawati, I. W., Siswanti, S., & Nugroho, D. (2015). Aplikasi E-Learning Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Kauman untuk Menambah Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal TIKomSiN, 10.

Hanum, N. S. (2013). The Effectiveness Of E-Learning As Instructional Media (Evaluation Study Of E-Learning Instructional Model INSMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, 92.

Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Edisi 1 Volume 1, 2.

Madcoms. (2016). Pemrograman PHP dan MySQL untuk Pemula. Yogyakarta: Andi.

Munawar. (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung.

Mundzir, M. (2018). Buku Sakti Pemrograman Web Seri PHP. Yogyakarta: Start Up.

Nugroho, A. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi.

Nur, R., & Suyuti, M. A. (2018). Perancangan Mesin-mesin Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Nuryadi, N. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Website E-Learning Pada SMK Respati 1 Jakarta. Jurnal Teknik Komputer Vol 4, No. 1, 162.

Pressman, R. S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi.

S., R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Revisi). Bandung: Informatika Bandung.

Shadek, T. F., & Swastika, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Sistem E-Learning Pada Seluruh Mata Kuliah Dengan Menggunakan Program Hypertext Prepocessor (Php) Dalam Rangka Peningkatan Mutu Proses Dan Hasil Pembelajaran. Jurnal ProTekInfo Vol. 4, 13.

Sparks, G. (2014). Enterprise Architect User Guide. Australia: Sparx Systems.

Sriwihajriyah, N., Ruskan, E. L., & Ibrahim, A. (2012). Sistem Pembelajaran dengan E-Learning Untuk Persiapan Ujian Nasional Pada SMA Pusri Palembang. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 4, NO. 1, 451.

Suharyanto, & Mailangkay, A. B. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya Volume 3 Nomor 4, 17.

Sulistiono, H. (2018). Coding Mudah dengan CodeIgniter, JQuery, Bootstrap, dan Datatable. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Supono, & Putratama, V. (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Susanto, W. E., & Astuti, Y. G. (2017). Perancangan E-Learning Berbasis Web Pada SMP Negeri 3 Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Jurnal Bianglala Informatika Vol 5 No 2 , 76.

Wahyuningsih, D., & Makmur, R. (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Wicaksono, S. R. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak. Malang: Seribu Bintang.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2, No. 1, 148.

Munawaroh, and Niki Ratama. 2019. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android.†Satin 5(2):17–24.

Ratama, Niki. 2018. “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android.†Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3(2):177–83.

Ratama, Niki. 2020. “IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID.†3(2):129–39.

Published

2020-10-26