PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INVENTORY GUDANG DI PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK CABANG DEPOK

Authors

  • Satrio Agung Wicaksono
  • Samsoni Samsoni

Keywords:

Perancangan Aplikasi, Java, Sistem Inventory Gudang, UML.

Abstract

PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Depok adalah perusahaan yang berdiri sebagai pemberi kredit untuk nasabah – nasabah yang membutuhkan rumah. Disamping kebutuhan untuk nasabah untuk pembiayaan KPR, ada juga kebutuhan karyawan/i seperti alat – alat tulis kantor dan ketersediaan barang – barang lainnya yang harus dipenuhi perusahaan guna memperlancar dan mempermudah kegiatan para karyawan/i, disini adalah tugas pegawai gudang dalam hal pengadaan barang dan alat tulis kantor. Didalam pengadaan barang – barang atau alat tulis kantor sesuai kebutuhan karyawan/i dan ketersediaan barang yang ada di gudang masih terdapat kekurangan, yaitu pencatatan dan pembukuan yang masih manual. Dalam kegiatan pencatatan transaksi keluar masuknya barang, stock barang, dan penyusunan laporan, hal ini dapat menyebabkan kinerja perusahaan menjadi terhambat dan belum mampu menunjang segala kebutuhan yang diinginkan perusahaan.

Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini dibuat yaitu merancang sistem aplikasi inventory gudang berbasis java. Dalam pembuatan sistem aplikasi inventory gudang berbasis java ini menggunakan model the Unified Modeling Language (UML) by application of  NetBeans IDE 8.1 dan  MySQL untuk perancangan basis datanya. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi sistem inventory gudang berbasis java ini dapat mempermudah dan mempercepat kinerja petugas gudang serta dapat mengontrol jumlah persediaan barang yang ada dengan jumlah permintaan kebutuhan karyawan/i PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Depok.

References

Budi Setiawan, Eko S.Kom., M.T dan Try Ramdany, Angga S.Kom. Membangun Aplikasi Android, Web, dan Web Service. Bandung: Informatika, 2019.

Cahyadi. Perancangan Sistem Informasi Inventory Aksesoris Mobil Berbasis Web dengan Model Waterfall (Studi Kasus Brother Jaya Motor). 2017.

Darmawan, Deni. Konsep Sistem Manajemen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.

Divianto. Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Perusahaan Dalam Melakukan Anditor Switch. Jurnal Ekonomi dan Akuntansi, 1 (2), 153-173, 2011.

Dwiyanto, Wahyu. Analisis Aplikasi Sistem Inventory pada PT. Trans Cofee, 2010.

Faisal, Ilham. Perancangan Aplikasi Booking Lapangan Futsal pada CV Futsal Karisma Jaya Berbasis Desktop, 2017.

Fathansyah. Basis Data, Bandung: Informatika, 2012.

Hermawan, Ade. Analisa dan Perancangan Sistem Inventory dengan Metode Waterfall untuk Mengefisiensikan Kinerja Karyawan pada PT. Lestari Busana Anggun Mahkota, 2017.

Ratama N. IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID. 2020;3(2):129-139. https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269

Ratama N. Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. J Inform J Pengemb IT. 2018;3(2):177-183. doi:10.30591/jpit.v3i2.848

Kurniawan, Hendra. dkk. Aplikasi Inventory Menggunakan Java Netbeans, Xampp, dan iReport. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

Kustiyahningsih, Yeni. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MYSQL. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Mahdiana, Deni. Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang dengan Metodologi Berorientasi Obyek Studi Kasus PT Liga Indonesia. Jakarta: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, 2011.

M.Shalahuddin dan Rossa A.S. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.

Munir, Rinaldi. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika, 2011.

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Munawaroh, Ratama N. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin. 2019;5(2):17-24.

Munawaroh. Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. J Inform J Pengemb IT Poltek Tegal. 2018;03(02):184-189.

Published

2020-12-24