RANCANG BANGUN APLIKASI SIMPAN PINJAM KOPERASI BERBASIS WEB STUDI KASUS PT. DAMAI INDAH GOLF ( STUDI KASUS : PADA PT. DAMAI INDAH GOLF )

Authors

  • Hadi Zakaria Universitas Pamulang
  • Fifih Fatmawati

Keywords:

PHP, MySQL, Sistem Informasi.model waterfall

Abstract

Sistem informasi koperasi simpan pinjam yang digunakan di koperasi PT Damai indah Golf  masih secara manual sehingga mengakibatkan terjadinya keterlambatan dalam proses simpan pinjam. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem yang terkomputerisasi dengan sistem yang berbasis web agar dapat menyajikan informasi yang cepat, tepat dan efisien dalam segi waktu, biaya serta mudah dalam proses simpan pinjam. Metode pengembangan atau pendekatan sistem informasi yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode perancangan waterfall. Sedangkan alat bantu yang digunakan dalam analisa perancangan system adalah Use Case Diagram, Activity Diagram, Squence Diagram, Class Diagram sedangkan implementasi dari perancangan system adalah dengan menggunakan aplikasi pemrograman PHP dan penyimpanan data menggunakan MySql. Hasil yang dicapai dalam perancangan sistem informasi koperasi simpan pinjam yaitu mempermudah dalam menyajikan laporan simpan pinjam, memudahkan dalam proses pendaftaran anggota baru serta dalam melakukan pinjaman baru.

References

Alviah, S. A., & Tresnawati, D. (2015). Pengembangan Aplikasi Tuntunan Sholat Malam Menggunakan SistemMultimedia. Pengertian Aplikasi , 2.

Departemen Koperasi. 2012. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian. Jakarta.

Erniawati, H. D. (2014). Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Web, 42.

Fajar, Muhammad. (2015). Perancangan Aplikasi Penelurusan Informasi Persuratan Berbasiskan Optical Character Recognito (OCR).

Kanjalia Tjandrapuspa, Adelia, Heri Santoso. (2013, april). Aplikasi Perhitungan Profil Aliran Dengan Metode Integrasi Grafis dan Tahapan Langsung Pada Saluran Berpenampang Trapesium.

Mardika, I. N. (2011). Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran Kosakata Bahas Inggris Di SD. Waterfall, 6.

Ratama N. IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID. 2020;3(2):129-139. https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269

Ratama N. Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. J Inform J Pengemb IT. 2018;3(2):177-183. doi:10.30591/jpit.v3i2.848

Ratama N, Munawaroh. Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains dan Teknol Inf. 2019;5(2):59-67.

Munawaroh, Ratama N. Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin. 2019;5(2):17-24.

Munawaroh. Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. J Inform J Pengemb IT Poltek Tegal. 2018;03(02):184-189.

Published

2020-12-24