RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEJARAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D

Authors

  • Fiqih Fauzan Ar-rafi
  • Achmad Udin Zailani

Keywords:

Game, Sejarah, Edukasi

Abstract

Salah satu bentuk hiburan yang tidak asing lagi dan memang banyak diminati dalam kehidupan kita adalah Game. Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Saat ini, mungkin sejarah adalah mata pelajaran yang paling membosankan di sekolah karena mata pelajaran yang monoton. dan bagi masyarakat menganggap sejarah hanyalah peristiwa masa lalu yang tidak penting untuk selalu diingat. Untuk mengatasi masalah diatas, pembuatan game bertema pendidikan atau Game Edukasi yang berjudul “Are you an expert historian?†merupakan sebuah solusi yang sangat tepat untuk metode pembelajaran sejarah dengan mode yang ada pada game. Pembuatan game “Are you an expert historian?†ini menggunakan engine Unity 3D dan berbasis mobile atau untuk pengguna smartphone Android.

References

Ali, M. (2014). Kitab Belajar Pemrograman C#. In M. Ali, Kitab Belajar Pemrograman C# (p. 1). Jakarta.

M. Djien Madjid, J. W. (2014). ILMU SEJARAH: SEBUAH PENGANTAR. In J. W. M. Djien Madjid, ILMU SEJARAH: SEBUAH PENGANTAR (p. 1). Jakarta: Prenada Media Group.

Mujilan, A. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Madiun: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik.

RAHMADANI, I. (2017). SKRIPSI. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bugis Dan Bahasa Makassar Berbasis Android, 70.

Munawaroh. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Poltek Tegal, 03(02), 184–189.

Munawaroh, & Ratama, N. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin, 5(2), 17–24.

Ratama, N. (2018). Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 177–183. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i2.848

Ratama, N. (2020). IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID. 3(2), 129–139. https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269

Ratama, N., & Munawaroh. (2019). Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 59–67.

Rais, M. (2017). Skripsi. RANCANG BANGUN APLIKASI GAME MATH RACE BERBASIS ANDROID, 28.

Published

2020-12-24