RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SEJARAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 3D
Keywords:
Game, Sejarah, EdukasiAbstract
Salah satu bentuk hiburan yang tidak asing lagi dan memang banyak diminati dalam kehidupan kita adalah Game. Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Saat ini, mungkin sejarah adalah mata pelajaran yang paling membosankan di sekolah karena mata pelajaran yang monoton. dan bagi masyarakat menganggap sejarah hanyalah peristiwa masa lalu yang tidak penting untuk selalu diingat. Untuk mengatasi masalah diatas, pembuatan game bertema pendidikan atau Game Edukasi yang berjudul “Are you an expert historian?†merupakan sebuah solusi yang sangat tepat untuk metode pembelajaran sejarah dengan mode yang ada pada game. Pembuatan game “Are you an expert historian?†ini menggunakan engine Unity 3D dan berbasis mobile atau untuk pengguna smartphone Android.
References
Ali, M. (2014). Kitab Belajar Pemrograman C#. In M. Ali, Kitab Belajar Pemrograman C# (p. 1). Jakarta.
M. Djien Madjid, J. W. (2014). ILMU SEJARAH: SEBUAH PENGANTAR. In J. W. M. Djien Madjid, ILMU SEJARAH: SEBUAH PENGANTAR (p. 1). Jakarta: Prenada Media Group.
Mujilan, A. (2017). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM. Madiun: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik.
RAHMADANI, I. (2017). SKRIPSI. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Bugis Dan Bahasa Makassar Berbasis Android, 70.
Munawaroh. (2018). Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Poltek Tegal, 03(02), 184–189.
Munawaroh, & Ratama, N. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi Di Universitas Pamulang Berbasis Android. Satin, 5(2), 17–24.
Ratama, N. (2018). Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 177–183. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i2.848
Ratama, N. (2020). IMPLEMENTASI METODE FUZZY TSUKAMOTO UNTUK DETEKSI DINI AUTISME PADA BALITA BERBASIS ANDROID. 3(2), 129–139. https://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/269
Ratama, N., & Munawaroh. (2019). Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning untuk Mendukung Pembangunan Kota Tangerang dalam Meningkatkan Smart city Berbasis Android. SATIN – Sains Dan Teknologi Informasi, 5(2), 59–67.
Rais, M. (2017). Skripsi. RANCANG BANGUN APLIKASI GAME MATH RACE BERBASIS ANDROID, 28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms