PELANGGARAN PRINSIP KESOPANAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK DARUR ROJA CINERE-DEPOK

Authors

  • Ekki Prayogo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i1.16695

Abstract

Pelanggaran prinsip kesopanan dalam kegiatan belajar mengajar sering kali di tonjolkan dalam pelajaran bahasa Indonesia salah satunya dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Darur Roja Cinere - Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Mendeskripsikan bentuk dari pelanggaran kesopanan yang terjadidalam proses belajar mengajar di SMK Darur Roja Cinere-Depok ; (2) Mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi pelanggaran kesopanan dalam proses belajar mengajar di SMK Darur Roja ; (3) Mendeskripsikan strategi kesopanan pada siswa dan guru dalam proses belajar mengajar di SMK Darur Roja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan kajian pragmatik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelanggaran prinsip kesopanan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa indonesia di SMK Darur Roja Cinere-Depok tersebut adalah: (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim penghargaan, (3) maksim kedermawanan, (4) maksim permufakatan, (5) maksim  kesederhanaan, (6) maksim kesimpatian.

Kata kunci :maksim kebijaksanaan,maksim penghargaan,maksim kedermawanan

References

Sumber buku

Chaer, Abdul. 2003. "Linguistik Umum". Jakarta : Rineka Cipta.

Lyons, John. 1995. " Pengantar Teori Linguistik" . Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Subroto. Edi. 2007. "Jenis-jenis Linguistik". Jakarta : Gramedia Pustaka

Soeparno. 2002. "Dasar-Dasar Linguistik Umum" . Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

Suhardi. 2013 . " Pengantar Linguistik Umum". Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. "Pragmatik Yogyakarta" : Graha Ilmu.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. "Pengajaran Pragmatik". Bandung : Angkasa.

Nadar,F.X. 2009, "Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. " Yogyakarta.

Dempsey & Dempsey.2002. Riset Keperawatan. Buku Ajar & Latihan. Edisi 4 Jakarta : EGC.

Yule, George.2014. Pragmatik : Yogyakarta : Pustaka Pelajar

.

Sumber skripsi dan jurnal

Kurniawati, Oktafiani. 2012 "Analisis Pemanfaatan prinsip kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa XI SMA N Sleman "Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Prasetyarini, Riska. 2014. "Pelanggaran Prinsip Kesopanan Dalam Rembuk Desa di Kelurahan Jatiroto Kabupaten Wonogiri" Surakarta.

Safitri, Kurnia.2014. " Penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sewon". " Universitas Yogyakarta"

Kusno, Ali. 2015. "Pelanggaran Prinsip Kesopanan pada Kasus Delik Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik "Jurnal Universitas Sebelas Maret.43(1): 65-77.

Ardianto, Wibi Kusuma. 2015. " Pelanggaran Prinsip Kesopanan dalam Acara Show Imah di Trans TV"Jurnal Prinsip Kesantunan ( Linguistik).1 (1):72 91.

Sudaryono, dkk. (2016)"Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran bidang Studi Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Limbur Kabupaten Bungo"(Linguistik). FKIP Universitas Jambi.

Mustika, Nova (2017). Upaya menumbuhkan Kesantunan Berbahasa melalui Pembelajaran Berbasis Customer Service Studi Kasus pada Mahasiswa D3 Teknologi Lab Medik Semester IV Stikes Perintis Padang. STIKes Perintis Padang.

Wahyuni. (2017). Kesantunan Bertutur dalam pembelajaran Kelas VII SMP Negeri1 Penengahan dan Implikasinya. FKIP Universitas Lampung.

Eristiyarini, Lusiana Tika. (2017). Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Ismawati, Diah .2018 Kesantunan Berbahasa pada tuturan Guru Bahasa Indonesia dalam Memberikan Penguatan Siswa Kelas X SMAN 1 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2017/2018. Universitas Lampung.

Ariska,Lis (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif dalam interaksi Belajar mengajar pada kelas XI SMA Negeri 11 Makassar.

Downloads

Published

2021-12-29