PELANGGARAN PRINSIP KESOPANAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK DARUR ROJA CINERE-DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v2i1.16695Abstract
Pelanggaran prinsip kesopanan dalam kegiatan belajar mengajar sering kali di tonjolkan dalam pelajaran bahasa Indonesia salah satunya dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Darur Roja Cinere - Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Mendeskripsikan bentuk dari pelanggaran kesopanan yang terjadidalam proses belajar mengajar di SMK Darur Roja Cinere-Depok ; (2) Mendeskripsikan faktor apa saja yang mempengaruhi pelanggaran kesopanan dalam proses belajar mengajar di SMK Darur Roja ; (3) Mendeskripsikan strategi kesopanan pada siswa dan guru dalam proses belajar mengajar di SMK Darur Roja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan kajian pragmatik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelanggaran prinsip kesopanan dalam kegiatan belajar mengajar bahasa indonesia di SMK Darur Roja Cinere-Depok tersebut adalah: (1) maksim kebijaksanaan, (2) maksim penghargaan, (3) maksim kedermawanan, (4) maksim permufakatan, (5) maksim kesederhanaan, (6) maksim kesimpatian.
Kata kunci :maksim kebijaksanaan,maksim penghargaan,maksim kedermawananReferences
Sumber buku
Chaer, Abdul. 2003. "Linguistik Umum". Jakarta : Rineka Cipta.
Lyons, John. 1995. " Pengantar Teori Linguistik" . Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Subroto. Edi. 2007. "Jenis-jenis Linguistik". Jakarta : Gramedia Pustaka
Soeparno. 2002. "Dasar-Dasar Linguistik Umum" . Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.
Suhardi. 2013 . " Pengantar Linguistik Umum". Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Putrayasa, Ida Bagus. 2014. "Pragmatik Yogyakarta" : Graha Ilmu.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. "Pengajaran Pragmatik". Bandung : Angkasa.
Nadar,F.X. 2009, "Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. " Yogyakarta.
Dempsey & Dempsey.2002. Riset Keperawatan. Buku Ajar & Latihan. Edisi 4 Jakarta : EGC.
Yule, George.2014. Pragmatik : Yogyakarta : Pustaka Pelajar
.
Sumber skripsi dan jurnal
Kurniawati, Oktafiani. 2012 "Analisis Pemanfaatan prinsip kesantunan Berbahasa Pada Kegiatan Diskusi Siswa XI SMA N Sleman "Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasetyarini, Riska. 2014. "Pelanggaran Prinsip Kesopanan Dalam Rembuk Desa di Kelurahan Jatiroto Kabupaten Wonogiri" Surakarta.
Safitri, Kurnia.2014. " Penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa dalam interaksi belajar mengajar bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sewon". " Universitas Yogyakarta"
Kusno, Ali. 2015. "Pelanggaran Prinsip Kesopanan pada Kasus Delik Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik "Jurnal Universitas Sebelas Maret.43(1): 65-77.
Ardianto, Wibi Kusuma. 2015. " Pelanggaran Prinsip Kesopanan dalam Acara Show Imah di Trans TV"Jurnal Prinsip Kesantunan ( Linguistik).1 (1):72 91.
Sudaryono, dkk. (2016)"Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran bidang Studi Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Limbur Kabupaten Bungo"(Linguistik). FKIP Universitas Jambi.
Mustika, Nova (2017). Upaya menumbuhkan Kesantunan Berbahasa melalui Pembelajaran Berbasis Customer Service Studi Kasus pada Mahasiswa D3 Teknologi Lab Medik Semester IV Stikes Perintis Padang. STIKes Perintis Padang.
Wahyuni. (2017). Kesantunan Bertutur dalam pembelajaran Kelas VII SMP Negeri1 Penengahan dan Implikasinya. FKIP Universitas Lampung.
Eristiyarini, Lusiana Tika. (2017). Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Ismawati, Diah .2018 Kesantunan Berbahasa pada tuturan Guru Bahasa Indonesia dalam Memberikan Penguatan Siswa Kelas X SMAN 1 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2017/2018. Universitas Lampung.
Ariska,Lis (2018). Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif dalam interaksi Belajar mengajar pada kelas XI SMA Negeri 11 Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.