GAYA BAHASA DAN CITRAAN DALAM ALBUM RESPECT KARYA BONDAN PRAKOSO & FADE 2 BLACK (KAJIAN STILISTIKA)

Authors

  • Ajie Gunawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i1.16697

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. (1) Menjelaskan jenis gaya bahasa yang terdapat dalam album Respect karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black. (2) Menjelaskan bentuk penggunaan citraan yang terdapat album Respect karya Bondan Prakos & Fade 2 Black. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang terdapat dalam album Respect  karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dan catat. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teori stilistika sebagai teori pokok. Teori tersebut digunakan untuk menemukan gaya bahasa dan citraan yang terkandung di dalam album Respect karya Bondan prakoso & Fade 2 Black. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam album Respect karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black terdapat 12 jenis gaya bahasa, yaitu gaya bahasa repetisi, aliterasi, asonansi, anastrof, apostrof, hiperbola, simile, metafora, personifikasi, sinekdoke, sinisme, sarkasme. Aspek citraan dalam album Respect karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black terdiri dari citraan pengelihatan, citraan pendengaran, citraan perabaan, citraan penciuman, dan citraan gerakan.

Kata kunci: stilistika, gaya bahasa, citraan, lirik lagu.

References

Adha, L, T. 2017. Skripsi. Analisis Stilistika Lirik Lagu-Lagu Padi. Pontianak: Universitas Tanjungpora Pontianak.

Al-Ma’ruf, I, A. 2009. Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Solo: Cakra Books Solo

Djojosuroto, K., dan P, N. 2009. Teori Dan Pemahaman Apresiasi Puisi. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Fatmalinda, Laili. dkk. 2016. Stilistika Dalam Novel Ayah karya Andrea Hinata. Jurnal Pendidikan. Keguruan Bahasa Pascasarjana-Universitas Negeri Malang

Handayani, D, R. 2010. Skripsi. Kajian Stilistika Novel Sirah Karya AY. Suharyana. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Keraf. Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.

Munir, Saiful. dkk. 2013. “Diksi Dan Majas Dalam kumpulan Puisi Nyanyian Dalam Kelam Karya Sutikno W.S (Kajian Stilistika)â€. Jurnal Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Nurgiantoro, Burhan. 2018. Stilistika. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada. (https://books.google.co.id/books?id=zGVoDwAAQBAJ&pg=PA74&dq=stilistika&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwir3euA0tTfAhVMtY8KHQ6RC68Q6wEINzAB#v=onepage&q=stilistika&f=false) (diakses 5 Januari 2019).

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penggunaan Ungkapan Jawa Dalam Kumpulan Puisi Tirta Kamandanu Karya Linus Suryadi (Pendekatan Stilistika Kultural). FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Pradopo, D, R. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarata: Pustaka Pelajar.

Raco, R, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jenis Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

2021-12-29