ANALISIS FENOMENA CAMPUR KODE DAN ALIH KODE PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

Authors

  • Fani Fazrul Hikam Universitas Pamulang
  • Fickyh Verdhyawan Santoso Universitas Pamulang
  • Mahdi Mahdi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i1.16702

Abstract

Media Sosial merupakan sebuah wadah daring yang memungkinkan setiap individu bisa melakukan komunikasi jarak jauh.dengan adanya sarana tersebut maka sangat mungkin terdapat terjadinya campur kode dan alih kode pada penggunaan bahasanya. Penelitian ini membahas mengenai terjadinya campur kode dan alih kode pada platform media sosial Twitter. Platform Twitter dipilih karena merupakan salah satu platform 10 teratas yang penggunanya paling banyak di Indonesia dan untuk pencarian data yang lebih efisien peneliti menggunakan fitur hastag pada Twitter. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sebuah fenomena campur kode dan alih kode yang dilakukan para pegiat pada platform media sosial Twitter. Untuk metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menekankan pada pengamatan fenomena dan lebih meneliti ke subtansi makna dari fenomena tersebut. Analisis penelitian ini dipengaruh pada kekuatan kata dan kalimat yang digunakan. Adapun teori yang digunakan sebagai landasan Campur kode dan Alih kode. Campur kode adalah penggunaan satuan bahasa dari satu bahasa ke bahasa lain untuk memperluas gaya bahasa atau ragam bahasa. Alih kode Menurut Appel (1976:79) gejala peralihan pemakaian bahasa karena berubahnya situasi. Untuk teknik pengumpulan data peneliti melakukan pengamatan kepada beberapa hastag yang sering masuk trending lalu dan mengambilnya dengan cara tangkap layar. Cara ini digunakan agar kemurnian data yang diambil terjaga tanpa ada coretan yang membuat datanya terlihat telah dimanipulasi. Untuk data hasil penelitian berupa frasa, kata, atau kalimat yang terdapat dalam media sosial Twitter dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pegiat Twitter sering terjadi campur kode dan alih kode antar bahasa daerah, bahasa asing dan bahasa Indonesia.

Kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, Twitter

References

Agutinuraida, Ida. (2017). Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Galuh Ciamis. Ciamis: Universitas Galuh.

Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum (Ed.Rev). Jakarta: Rineka Cipta.

Haryono, Akhmad. (2012). Perubahan dan Perkembangan Bahasa: Tinjauan Historis dan Sosiolinguistik. Tegalboto: Universitas Jember.

Mustikawati, Diyah Atiek. (2015). Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Pribadi, Narindra Ramadhani. (2020). Kajian Sosiolinguistik: Alih Kode dan Campur Kode dalam Video Youtube Gita Savitri Devi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Susmita, Nelvia. (2015). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Jambi: STKIP Muhammadiyah.

Wijana, I Dewa Putu. (2021). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Yuliani, Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Cimahi: IKIP Siliwangi.

Downloads

Published

2021-12-29