ANALISIS PENERAPAN SINTAKSIS PADA KARANGAN CERITA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22074Abstract
Karangan cerita anak merupakan salah satu jenis karya sastra yang dihasilkan anak dalam bentuk karangan deskripsi. Dalam penerapan sintaksis dari hasil karangan cerita anak terdapat berbagai kekeliruan. Kekeliruan tersebut disebabkan adanya struktur susunan kata yang dibuat anak tidak gramatis sehingga menyebabkan berubahnya makna dalam struktur penggunaannya. Hal ini disebabkan karena minimnya kosa kata yang dimiliki peserta didi di SD, dan minimnya pengetahuan peserta didik tentang struktur Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya penerapan sintaksis yang terletak pada karangan cerita anak SDN 1 Plalangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode agih. Metode agih dilakukan dengan berpedoman pada langkah-langkah: 1) pengumpulan sampel kekeliruan, 2) mengidentifikasi kekeliruan, 3) penjelasan kekeliruan, 4) pengelompokan kekeliruan, dan 5) evaluasi kekeliruan. Jenis penelitian yang digunakan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk karangan cerita anak yang ditulis oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan sumber data peserta didik kelas III SDN 1 Plalangan, Kecamatan jenangan, Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes menulis karangan cerita anak dalam Bahasa Indonesia dengan tema binatang. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat kekeliruan dalam penggunaan sistaksis yang terletak pada frasa nomina, preposisi, pronominan, dan adjektiv. Frasa nomina memiliki 2 jenis kekeliruan penggunaan, fase preposisi memiliki 8 jenis kekeliruan penggunaan, frasa pronominan memiliki 7 jenis kekeliruan penggunaan, dan frasa adjektif memiliki 4 jenis kekeliruan penggunaan. Kata-kata kunci: Analisis Penerapan, Sintaksis, Karangan Cerita Anak.References
Akhmar, A. M., & Kuswarini, P. (2019). Pelatihan Keterampilan Menulis Cerita Deskriptif dan Karangan Cerita Rakyat pada Siswa SMA Se Kecamatan Lau di Kabupaten Maros. 2(1), 8.
Arifatun, N. (2012). KESALAHAN PENERJEMAHAN TEKS BAHASA INDONESIA KE BAHASA ARAB MELALUI GOOGLE TRANSLATE (STUDI ANALISIS SINTAKSIS). 6.
Aziezah, R. K. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 118–124. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.56
Gani, S., & Arsyad, B. (2019). KAJIAN TEORITIS STRUKTUR INTERNAL BAHASA (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik). `A Jamiy : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 7(1), 1. https://doi.org/10.31314/ajamiy.7.1.1-20.2018
Heriyati, N. (2020). Dekontruksi Perempuan Abjek dalam Tiga Cerpen karangan Intan Paramaditha. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 12(2), 259–265. https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8782
Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, Abd. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 322. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085
Prayoga, R. W., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (n.d.). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA NARASI MELALUI PENERAPAN PROGAM LITERASI BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA ANAK PADA SISWA SD. 6.
Purwahida, R. (2017). INTERAKSI SOSIAL PADA KUMPULAN CERPEN POTONGAN CERITA DI KARTU POS KARANGAN AGUS NOOR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 118–134. https://doi.org/10.21009/10.21009/AKSIS.010107
Rahmawati, A. (2018). BENTUK INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BERBAHASA ARAB. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(2). https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v1i2.5416 Reistanti, A. P. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN CERITA FABEL OLEH SISWA KELAS VIII E DI SMP 2 MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Kajian Linguistik dan Sastra, 2(2), 126. https://doi.org/10.23917/kls.v2i2.6735
Salsabila, T. (2020). KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 6 TAHUN DALAM BERCERITA (ASPEK SINTAKSIS). 3, 8.
Septiana, I., & Ripai, A. (2021). Kebutuhan Guru dalam Pengembangan Buku Bahasa Indonesia SMA Berbasis Sintaksis. 5(2), 7. Tiawaldi, A., & Abdul Wahab, M. (2017). PERKEMBANGAN BAHASA ARAB MODERN DALAM PERSPEKTIF SINTAKSIS DAN SEMANTIK PADA MAJALAH ALJAZEERA. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 4(1). https://doi.org/10.15408/a.v4i1.5328
Yunregiarsih, L. G., Tarmini, W., & Mustofa, A. (2014). POLA SINTAKSIS PADA POSTER DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Jurnal Kata, 12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.