TINDAK TUTUR LOKUSI DAN ILOKUSI PADA PEMBELAJARAN SISWA SMP PGRI 1 CILONGOK

Authors

  • Irchas Dwika Suryandaru Universitas Negeri Semarang
  • Agnes Riska Rifatul Imammi Universitas Negeri Semarang
  • Didi Pramono Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22084

Abstract

Penelitian ini membahas tentang tindak tutur jenis lokusi dan ilokusi pada pembelajaran siswa SMP PGRI 1 Cilongok. Tujuan penelitian ini adalah menjabarkan jenis tindak tutur yang guru gunakan saat pembelajaran dalam video pembelajaran yang terjadi di kelas VIII SMP PGRI 1 Cilongok. Artikel penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan ini bersumber dari materi dan video pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari analisis observasi. Hasil penelitian artikel ini adalah terdapat jenis tindak tutur oleh guru pada proses kegiatan belajar mengajar di kelas VII SMP Negeri 1 PGRI Cilongok, yaitu tindak tutur lokusi dan ilokusi. Dalam penelitian ini memperoleh empat tuturan untuk jenis tindak tutur lokusi, sedangkan ilokusi berjumlah satu tuturan saja. Tindak tutur lokusi yang ditemukan dan dianalisis tidak memiliki makna ganda dan lugas, sedangkan tindak tutur ilokusi memiliki maksud lain dari makna sebenarnya. Lalu, ditemukan fungsi atau kategori Searle dari ujaran-ujaran tersebut yang terdiri atas fungsi ekspresif dan didominasi oleh fungsi direktif. Oleh karena itu, setiap tindak tutur memiliki sebuah makna dan maksud, namun setiap maksud tersebut harus disesuaikan dengan konteks atau situasi tutur yang sedang terjadi dan melibatkan fungsi yang berbeda. Artikel ini diharapkan memberi manfaat dalam bentuk kontribusi penelitian dalam bentuk pemahaman lebih mendalam terkait tindak tutur dalam pembelajaran antara guru dan peserta didik, khususnya tindak tutur lokusi dan ilokusi. Manfaat lain yang ada dalam penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam penggunaan referensi atau sebagai acuan dalam pembuatan artikel selanjutnya dengan topik tindak tutur jenis lokusi dan ilokusi.

Kata-kata kunci: pragmatik, tindak tutur, lokusi, ilokusi

Author Biographies

Irchas Dwika Suryandaru, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni

Agnes Riska Rifatul Imammi, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni

Didi Pramono, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni

Asep Purwo Yudi Utomo, Universitas Negeri Semarang

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni

References

Adhiguna, I. M., Susrawan, I. N., & Erawan, D. G. (2019). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI MIPA 7 SMA N 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Bukti Saraswati, 204211.

Afham, M. N., & Utomo, A. P. (2021). Tindak Tutur Direktif Dalam Drama Musikal Tonightshow “Ternyata Bawang Goreng Lebih Laku Daripada Bawang Bombay". Jurnal Parafrasa: Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 37-48.

Akbar, S. (2018). Analisis Tindak Tutur pada Wawancara Putra Nababan dan Presiden Portugal (Kajian Pragmatik). Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 27-38.

Amfusina, S., Rahayu, R., & Harliyana, I. (2020). Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi Pada Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Nisam. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 207-218.

Artati, Wardhana, E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratifpada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 43-57.

Fatihah, A. C., & Utomo, A. P. (2020). Analisis Tindak Tutur Perlokusi dalam Konpers Presiden Soal Covid-19 pada Saluran Youtube CNN Indonesia. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1-10.

Hanifah, N., Wendra, I. W., & Merdhana, I. N. (2014). Nilai Pendidikan Karakter pada Bentuk Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Novel Astral Astria Karya Fira Basuki. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1), 1-12.

Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia. Leech, G. (2015). Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.

Pradana, G., & Utomo, A. P. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Cuitan Akun Twitter Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9-22.

Pratama, R. K., & Utomo, A. P. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Stand Up Comedy Indonesia Sesi 3 Babe Cabita di Kompas TV. Caraka, 90-103.

Prayitno, H. J. (2015). Tindak Kesantunan Berbahasa dalam Dialektika Pembelajaran Pragmatik: Berdaya, Berorientasi, dan Berstrategi Kesantunan Positif. Seminar Nasional Prasasti II "Kajian Pragmatik dalam Berbagai Bidang" (pp. 24-35). Surakarta: Program Studi S3 Linguistik PPs UNS.

R. O., & Utomo, A. P. (2021). Tindak Tutur Perlokusi dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11-20. Rahma, A. N. (2018). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi. Skriptorium, 13-24.

Sari, F. D. (2012). Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Galau Nite di Metro TV: Suatu Kajian Pragmatik. Skriptorium, 1-14.

Septiana, M. H., Susrawan, I. N., & Sukanadi, N. L. (2020). Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Perlokusi pada Dialog Film 5 cm Karya Rizal Mantovani (Sebuah Tinjauan Pragmatik). JIPBSI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 98-105.

Sugiono. (2015). Metode Pendidkkan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2020). Pragmatik Konteks Indonesia. Gresik: Graniti. Susmita, N. (2019). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 25-30.

Tarigan, D. (1990). Proses Belajar Mengajar Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wardoyo, C. (2016). Metode dan Strategi Penerjemahan Istilah-istilah Pragmatik dalam Buku "Pragmatics" Karya George Yule ke dalam Bahasa Indonesia. Jurnal al-Tsaqafa, 383394.

Widayanti, S. R., & Kustinah. (2019). Analisis Pragmatik pada Fungsi Tindak Tutur dalam Film Karya Walt Disney. Prasasti, 180-185. Widyawati, N., & Utomo, A. P. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Video Podcast Deddy Corbuzier dan Najwa Shihab pada Media Sosial Youtube. Jurnal Ilmiah Telaah, 1827.

Wiranty, W. (2015). Tindak tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa, 294-304.

Yule, G. (2006). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuliana, R., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2013). Daya Pragmatik Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1-14.

Downloads

Published

2022-07-07