ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DAN TOKOH PENDUKUNG DALAM NOVEL KISAH SEDIH DI HARI MINGGU (TRAGEDI) KARYA UPAY: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA

Authors

  • Kurniasih Kurniasih Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dian Hartati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22085

Abstract

Novel Kisah Sedih di Hari Minggu (Tragedi) karya Upay mengangkat isu gangguan mental berupa Baby Blues Syndrome yang dialami oleh tokoh. Penelitian bertujuan mengungkapkan aspek kepribadian tokoh utama dan tokoh pendukung dalam novel berdasarkan struktur kepribadian. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi sastra menurut Sigmund Freud. Sumber data novel berjudul Kisah Sedih di Hari Minggu (Tragedi) karya Upay yang diterbitkan 2016. Data dalam penelitian ini berupa teks narasi dan dialog yang menggambarkan aspek psikologis tokoh. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik baca dan teknik catat. Adapun tokoh-tokoh yang diteliti dalam penelitian ini meliputi tokoh utama bernama Riana dan tokoh pendukung bernama Ibunda Robert. Hasil penelitian menunjukkan tokoh Riana memiliki kepribadian yang seimbang. Seimbang berarti bahwa kepribadian dalam diri tokoh mampu menggerakkan id dan ego yang dikendalikan oleh superego dalam diri seseorang sama beratnya. Superego dalam diri tokoh Riana berfungsi dengan semestinya. Artinya superego tokoh Riana mengarahkan id dan ego dalam dirinya ke arah yang lebih bermoral. Tokoh Ibunda Robert memiliki struktur kepribadian yang tidak seimbang (adanya ketimpangan superego dalam diri seseorang menjadikan ego dalam dirinya dikuasai oleh id) antara id, ego, dan superego. Ketidakseimbangan terdapat pada superego dalam diri tokoh Ibunda Robert. Ego tokoh Ibunda Robert telah didominasi oleh id sehingga superego dari tokoh Ibunda Robert tidak berfungsi dengan semestinya. Begitu besarnya tekanan dan desakan dari id yang disalurkan melalui ego membuat struktur kepribadian superego tidak berfungsi hingga mengakibatkan terjadinya perilaku yang tidak sejalan dengan nilai-nilai moral dan kemanusiaan.

Kata Kunci: novel, psikologi sastra, tokoh utama, tokoh pendukung

Author Biographies

Kurniasih Kurniasih, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dian Hartati, Universitas Singaperbangsa Karawang

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Asteka, P. (2018). "Kajian Psikologi Sigmund Freud dalam Novel Setetes Embun Cinta Niyala karya Habiburrahman El Shirazy". Jurnal Bahtera Indonesia, 3(1), 8–12.

Daulay, M. A. J. (2016). "Psikoanalisis Sigmund Freud Pada Antologi Cerpen Karya Seno Gumira Ajidarma". Jurnal Bahas Unimed, 27(!), 37–50.

Dharmastuti, H. (2020). 4 Kisah Tragis Ibu Terserang Baby Blues: Bacok Anak-Kubur Bayi Hidup-hidup. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-4915375/4-kisah-tragis-ibuterserang-baby-blues-bacok-anak-kubur-bayi-hidup-hidup/4 (diakses tanggal 4 Mei 2022).

Inas, R. K. P. (2011). "Kepribadian Anak Dalam Novel" Gadis Cilik di Jendela" Karya Tetsuko Kuroyanagi (Kajian Psikologi Sastra Sigmund Freud)". Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–10. Koesno, D. A. S. (2019). Pembunuhan Bayi, Baby Blues, dan Kondisi Kejiwaan Ibu Usai Melahirkan. Tirto.Id. https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/pembunuhan-bayibaby-blues-kondisi-kejiwaan-ibu-usai-melahirkan-ehDk (diakses tanggal 4 Mei 2022).

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Puspitasari; Nurhuda; dan Yanti. (2020). "Perkembangan Kepribadian Tokoh Utama pada Novel Seroja karya Sunaryono Basuki Koesnosoebroto". Jurnal Sasindo Unpam, 8(1), 97–120.

Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rozali, Reza; Mulyono; dan Andalas, M. I. (2018). "Fenomena Perilaku Psikopat dalam Novel Katarsis karya Anastasia Aemilia: Kajian Psikologi Sastra". Jurnal Sastra Indonesia, 7(3), 173–178.

Setyorini, R. (2017). "Analisis Kepribadian Tokoh Marni Kajian Psikologi Sigmund Freud dalam Novel Entrok karya Okky Madasari". Jurnal Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(1), 12–24.

Suprapto; Andayani; dan Waluyo. (2014). "Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Karakter Novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori". Jurnal Basastra, 2(3), 1–15.

Suprapto. (2018). "Kepribadian Tokoh dalam Novel Jalan Tak Ada Ujung karya Muchtar Lubis Kajian Psikoanalis Sigmund Freud". Jurnal Metafora, 5(1), 54–69.

Upay. (2016). Kisah Sedih di Hari Minggu (Tragedi). Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Wijaya, Hengki dan Darmawan, I. P. A. (2019). "Optimalisasi Superego dalam Teori Psikoanalisis Sigmund Freud untuk Pendidikan Karakter". OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/zmt6

Downloads

Published

2022-07-07