TELAAH EMOSI TOKOH DALAM NOVEL CERMIN JIWA KARYA S. PRASETYO UTOMO

Authors

  • Aryani Aryani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22089

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan klasifikasi emosi tokoh Abah dalam novel Cermin Jiwa karya S. Prasetyo Utomo dan menjelaskan adanya hubungan antara emosi dengan konflik pada tokoh Abah dalam novel Cermin Jiwa karya S. Prasetyo Utomo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi emosi David Krech, klasifikasi emosi dalam perspektif David Krech meliputi konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian, dan cinta. Adapun sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini adalah novel Cermin Jiwa karya S. Prasetyo Utomo. Sedangkan sumber data sekunder pada penelitian ini berasal dari buku-buku atau internet yang terkait penelitian. Simpulan penelitian ini mencakup tiga hal. Pertama, adanya klasifikasi emosi pada tokoh Abah meliputi konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendam, menghukum diri sendiri, kesedihan, kebencian, dan cinta. Kedua, adanya hubungan antara emosi dengan konflik pada tokoh Abah dan Zahra dalam novel Cermin Jiwa karya S. Prasetyo Utomo.

Kata kunci: Klasifikasi Emosi, Rasa, tokoh.

References

Agustina, Diah.2017.Dalam format skripsi yang berjudul “Klasifikasi Emosi Tokoh dalam Drama Priceless Karya Suzuki Masayuriâ€.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta..

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hilgard, Ernest. R. 1975. et al., Introduction to Psychology. New York: Harcourt Brace Jovanovich Inc. Ismiati, Nur. 2013. “Kajian Unsur Intrinsik Novel Samudra Pasai Karya Putra Gara. Master Bahasa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, (2):69-83. Banda Aceh.

Koeswara. 1991. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: PT. Eresco. Krech, David dan Richard S. Crutchfield. 1969. Elements Of Psychology. New York: Second Edition,

Alfred A, Kopf, inch. ___________. 1974. Element Of Psychology. New York: Third Edition.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka.

Moleong, Lexy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya. Shabrinavasthi. 2017. “Klasifikasi Emosi Tokoh Utama Erika dalam Roman Die Klavierspielerin Karya Elfriede Jelinek. Pendidikan Bahasa Jerman. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, L.Toni.2017 pada skripsi dengan judul “Analisis Psikologis Tokoh Andre dalam Novel Ibuku Perempuan Berwajah Surga; Kajian Teori Kepriadian Sigmund Freudâ€. Wiyatmi.2019.Pengantar Kajian Sastra.Jakarta:

Downloads

Published

2022-07-07