INFERIORITAS PEREMPUAN SEBAGAI STRATEGI YANG MENGHENTAK LAKI-LAKI: STUDI POSTMEMORI CERPEN DUA KELAMIN BAGI MIDIN KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO

Authors

  • Eva Dwi Kurniawan Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22095

Abstract

Perempuan cenderung diposisikan sebagai inferior. Namun, posisi tersebut tidak selalu ajeg dalam operasionalisasinya. Inferioritas perempuan dapat menjadi  strategi utuk menunjukkan hal yang sebaliknya, yakni upaya mencapai legitimasi posisinya yang setara dengan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hal tersebut dalam cepen Dua Kelamin bagi Midin karya Arswendo Atmowiloto. Metode dan teori yang digunakan dalam peneltian ini melalui pemaparan deskriptif analitis dan teori postmemori. Temuan yang diperoleh menujukkan bahwa inferioritas perempuan yang ditampilkan di dalam cerpen, adalah strategi untuk memposisikan kedudukannya yang setara dengan laki-laki. Keberhasilan strategi tersebut tidak lepas dari pelembagaan kondisi-kondisi traumatik yang ditransmisikan oleh tokoh perempuan kepada tokoh laki-laki yang bernama Karto Midin.

Kata-kata kunci: inferioritas, strategi, dan postmemori.

Author Biography

Eva Dwi Kurniawan, Universitas Teknologi Yogyakarta

Fakultas Bisnis dan Humaniora, Universitas Teknologi Yogyakarta,

References

Aji, Galih Pangestu. 2020. Transmisi Memori dan Wacana Rekonsiliasi dalam Cerpen “Perempuan Sinting di Dapur†Karya Ugoran Prasad: Kajian Postmemory dalam Jurnal Jentera, Vol. 9, No. 1., halaman 28—42. https://doi.org/10.26499/jentera.v9i1.2265.

Ajidarma, Seno Gumira. 2003. Spektrum Cerpen “Kompas†1970—1980 dalam Cerpen Kompas Pilihan 1970—1980 Dua Kelamin bagi Midin. Jakarta: Kompas.

Anwar, Ahyar. 2015. Teori Sosial Sastra. Yogyakarta: Ombak. Atmowiloto, Arswendo. 2003. Dua Kelamin bagi Midin dalam Cerpen Kompas Pilihan 1970—1980 Dua Kelamin bagi Midin. Jakarta: Kompas.

Faruk. 2021. Politik dan Poetik dalam Sastra dan Film. Yogyakarta: JBS.

Gamble, Sarah. 2010. Feminisme & Postmeminisme. Diterjemahkan oleh Tim Pnerjemah Jalasutra. Yogyakarta: Jalasutra. Hirsch, M. 2012. The Generation of Postmemory: Writing and Visual Culture After Holocaust. New York: Colombia University Press.

Loekito, Medy. 2003. “Perempuan Sastra Pria†dalam Jurnal Perempuan No 30, Perempuan dalam Seni Sastra. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Ratih, Rina. 2019. Puisi Perempuan Penyair Indonesia dan Proses Kreatifnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sapardi, Djoko Damono. 2004.Meninjau Perempuan dalam Sastra dalam Prosa 4 Yang Jelita Yang Cerita. Jakarta: Metafor.

Sugihatuti & Suharto. 2010. Kritik Sastra Feminis Teori dan Aplikasinya. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Udasrmoro, Wening. 2018. Dari Doing ke Undoing Gender. Cetakan kedua. Yogyakarta: UGM Press.

Udasmoro, Wening & Nayati, Widya. 2020. Interseksi Gender. Yogyakarta: UGM Press.

Udasmoro, Wening. 2022. Maskulinitas Transformatif: Kekerasan dan Subjek yang Bergerak dalam Dinamika Sastra dan Budaya. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Sastra dan Gender pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Tanpa kota terbit: tanpa nama penerbit

Downloads

Published

2022-07-07