PROSES FONOLOGIS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG TERLIBAT DALAM UJARAN ANAK BERUSIA TIGA TAHUN : SEBUAH KASUS PENELITIAN

Authors

  • Risya Ayu Irawati Universitas Padjadjaran
  • Lia Maulia Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22096

Abstract

Bahasa yang dihasilkan pada masa kanak-kanak sangat unik. Sebelum dapat mengucapkan bahasa secara fasih, anak-anak harus melewati tahapan dalam proses pemerolehan bahasa dan proses fonologisnya. Proses pemerolehan bahasa dan proses fonologis pada anak dipengaruhi oleh beragam faktor, baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis proses fonologis  yang terjadi pada anak berusia 3 sampai 3,5 tahun, mengungkap jenis proses fonologis  yang paling sering muncul, dan menjelaskan faktor- faktor yang mempengaruhi proses fonologis tersebut. Penelitian ini merupakan Observational case study yang melibatkan 5 orang responden. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan dengan pengawasan dan pendampingan dari orang tua responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses fonologis pada anak terjadi substitution, assimilation, and syllable structure. Sementara proses yang paling sering terjadi pada ujaran dari kelima responden adalah gliding dan deletion. Faktor internal terkait morfologi alat ucap seperti panjang lidah, mempengaruhi kemampuan anak dalam melafalkan bunyi alfabet sehingga turut mempengaruhi cara anak mengucapkan dan memproduksi bahasa. Selain itu faktor usia mempengaruhi kesiapan anak dalam memproduksi bunyi bahasa. Dari kelima responden, anak dengan umur yang lebih tua lebih baik dalam mengucapkan bunyi bahasa. Sementara faktor eksternal seperti tontonan  turut mempengaruhi perbedaharaan kata pada anak. Anak yang sering menonton acara televisi yang disertai dengan nyanyian memperoleh kemampuan bahasa yang lebih baik yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menghasilkan bunyi bahasa yang benar.

Kata kunci : proses fonologis, morfologi alat ucap, usia , pemerolehan bahasa anak, nyanyian.

Author Biographies

Risya Ayu Irawati, Universitas Padjadjaran

Fakultas Ilmu Budaya

Lia Maulia, Universitas Padjadjaran

Fakultas Ilmu Budaya

References

Chomsky, Noam. 2006. Language And Mind. Cambridge University Press.

Ingram, D. First Language Acquisition: Methods, Description and Explanation. New York.1989. Cambridge University Press.

O grady, William. 2005. How Children Learn Language. Cambridge University Press.

Purba, Happy Sri. 2016. Phonological Processes In Language Acquisition By Children of Three Years Old. English Education. English Education Vol 4 No 1

Semiawan, R Conny. 2000. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta :Grasindo

www.mommyspeechtherapy.com/?p=2158 Diakses 2 Maret 2022

Downloads

Published

2022-07-07