PROSES FONOLOGIS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG TERLIBAT DALAM UJARAN ANAK BERUSIA TIGA TAHUN : SEBUAH KASUS PENELITIAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22096Abstract
Bahasa yang dihasilkan pada masa kanak-kanak sangat unik. Sebelum dapat mengucapkan bahasa secara fasih, anak-anak harus melewati tahapan dalam proses pemerolehan bahasa dan proses fonologisnya. Proses pemerolehan bahasa dan proses fonologis pada anak dipengaruhi oleh beragam faktor, baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis proses fonologis yang terjadi pada anak berusia 3 sampai 3,5 tahun, mengungkap jenis proses fonologis yang paling sering muncul, dan menjelaskan faktor- faktor yang mempengaruhi proses fonologis tersebut. Penelitian ini merupakan Observational case study yang melibatkan 5 orang responden. Penelitian ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan dengan pengawasan dan pendampingan dari orang tua responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses fonologis pada anak terjadi substitution, assimilation, and syllable structure. Sementara proses yang paling sering terjadi pada ujaran dari kelima responden adalah gliding dan deletion. Faktor internal terkait morfologi alat ucap seperti panjang lidah, mempengaruhi kemampuan anak dalam melafalkan bunyi alfabet sehingga turut mempengaruhi cara anak mengucapkan dan memproduksi bahasa. Selain itu faktor usia mempengaruhi kesiapan anak dalam memproduksi bunyi bahasa. Dari kelima responden, anak dengan umur yang lebih tua lebih baik dalam mengucapkan bunyi bahasa. Sementara faktor eksternal seperti tontonan turut mempengaruhi perbedaharaan kata pada anak. Anak yang sering menonton acara televisi yang disertai dengan nyanyian memperoleh kemampuan bahasa yang lebih baik yang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menghasilkan bunyi bahasa yang benar.
Kata kunci : proses fonologis, morfologi alat ucap, usia , pemerolehan bahasa anak, nyanyian.
References
Chomsky, Noam. 2006. Language And Mind. Cambridge University Press.
Ingram, D. First Language Acquisition: Methods, Description and Explanation. New York.1989. Cambridge University Press.
O grady, William. 2005. How Children Learn Language. Cambridge University Press.
Purba, Happy Sri. 2016. Phonological Processes In Language Acquisition By Children of Three Years Old. English Education. English Education Vol 4 No 1
Semiawan, R Conny. 2000. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta :Grasindo
www.mommyspeechtherapy.com/?p=2158 Diakses 2 Maret 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.