INTERFERENSI, CAMPUR KODE DAN ALIH KODE BAHASA INDONESIA KE BAHASA JAWA DALAM PERCAKAPAN MASYARAKAT TENTANG COVID-19 (Kajian Sosiolinguistik)

Authors

  • Nur Samsiyah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22097

Abstract

Perilaku masyarakat sering menggunakan dwibahasa dalam percakapan dengan mitra tutur yang sudah saling kenal atau akrab, sehingga menimbulkan adanya interferensi atau penyimpangan-penyimpangan bahasa. Di tengah maraknya kasus virus corona membuat masyarakat sering membahas kasus tersebut yang menimbulkan adanya perbedaan bahasa. Penyimpangan yang terjadi dalam percakapan sehari-hari salah satunya adalah percakapan masyarakat tentang covid-19 yang sedang menjadi kasus pandemi. Tujuan analisis ini untuk mengetahui interferensi, campur kode dan alih kode dalam percakapan masyarakat desa tentang kasus covid-19. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang ingin mengkaji penyimpangan bahasa. Penelitian ini dilakukan di Dusun Ngakar Madiun dengan subjek masyarakat desa Ngakar Madiun di rumah maupun di lingkungan masyarakat (poskamling). Jumlah responden yang terlibat sebanyak 10 orang. Objek analisis ini adalah percakapan tema covid-19 yang difokuskan pada dialek, interferensi bahasa Indonesia yang terjadi dalam pemakaian bahasa Jawa pada percakapan. Data diperoleh dengan teknik simak dan catat, hasilnya disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasilnya menunjukan bahwa interferensi terdapat dalam percakapan masyarakat tentang covid-19, yang terjadi dalam bidang kebahasaan seperti interferensi leksikan, adanya alih kode dan campur kode yang diakibatkan penggunaan kosa kata bahasa Indonesia ke dalam bahasa Jawa.

Kata kunci: alih kode, campur kode, covid-19, interferensi

Author Biography

Nur Samsiyah, Universitas PGRI Madiun


Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

References

Ardiana, Leo Idra. 1990. Analisis kesalahan Berbahasa. FPBS IKIP Surabaya.

Bloomfield, Leonard. 1958. Language. New York: Henry Hold and Company.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 1995. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Sosiolinguistik (Perkenalan Awal). Jakarta: Rineka Cipta.

Jendra. I Wayan. 1991. Dasar-Dasar Sosiolinguistik. Denpasar: Ikayana. Nababan. P.W.J. 1984. Sosiolingustik. Jakarta: Gramedia.

Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro.

Sudaryanto, dkk. 1991. Metode Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana. University Press

Downloads

Published

2022-07-07