ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL TENUN BIRU KARYA UGI AGUSTONO J

Authors

  • Nugroho Widhi Pratomo Universitas Pamulang
  • Dewi Rani Gustiasari Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.22100

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial yang ada pada novel Tenun Biru karya Ugi Agustono J. Novel Tenun Biru dipilih karena di dalamnya mengandung nilai sosial yang tinggi pada karakter para tokohnya yang membuat peneliti tertarik untuk menganalisisnya. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra. Sumber data diperoleh dari naskah novel sehingga mudah untuk dikaji secara baik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, karena metode ini tepat untuk menganalisis karya sastra, khususnya novel Tenun Biru. Data yang digunakan adalah nilai sosial yang melekat pada cerita dalam novel tersebut sangat tepat dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai sosial dalam Novel Tenun Biru. Simpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat nilai sosiologi sastra pada novel Tenun Biru. kata kunci:  Sosiologi Sastra: Tenun Biru

References

Abdulfata, M., & dkk. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Novel MAHAMIMPI. Gramatika, 4(1), 12-23.

Agustono, U. (2018). Tenun Biru. Kalimantan: Nuansa Cendikia. Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Perspektif Monodisipliner dan Interdisipliner. (N. R. Hariyati, Ed.) Gresik: Graniti.

Damono, Sapardi Djoko. 2002. Pedoman Sosiologi Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa. Endraswara,

Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo. Escarpit, Robert. 2008. Sosiologi Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2019). LITERA, 18(2), 233. Purnomo, M. H. (2017). Menguak Budaya dalam Karya Sastra: Antara Kajian Sastra dan Budaya. Ilmiah Kajian Antropologi, 1(1), 75-82.

Semi, A. (1993). Anatomi Sastra. Bandung: Angkasa Raya. Soekanto, S. (2005). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2022-07-07