NILAI SOSIAL DAN PENDIDIKAN DALAM NOVEL TOTTO CHAN KARYA TETSUKO KUROYANAGI: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v2i2.24669Abstract
Karya sastra merupakan sebuah karya yang tercipta dari pengarang cerita itu dengan menampilkan sebuah jalan penceritaan yang terstruktur. Sebuah karya sastra yang dibuat oleh pengarang cerita, dapat menceritakan sebuah kejadian yang benar-benar nyata atau hanya sebuah hasil daya khayal dan imajinasi dari seorang pengarang yang telah dibumbui dengan nilai estetika di dalamnya, atau secara singkat, sering disebut dengan karya sastra nonfiksi dan fiksi. Setiap karya sastra yang dibuat oleh seorang pengarang pasti mempunyai tujuan dan maksud yang terkandung dalam sebuah karya sastra tersebut. Tujuan dan maksud dalam karya sastra itu diberikan secara eksplisit atau sebaliknya. Makna dari karya sastra itu diberikan pengarang secara tersirat. Seperti pada karya sastra yang digunakan untuk penelitian ini, peneliti menggunakan sebuah novel yang berjudul Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela karya Tetsuko Kuroyanagi sebagai objek penelitian ini. Penceritaan dalam novel tersebut merupakan penceritaan pengalaman hidup si pengarang novel tersebut. Novel ini dibuat oleh pengarangnya, yaitu Tetsuko Kuroyanagi dengan tujuan dan maksud yang dituliskan secara eksplisit. Tujuan dan maksud dari novel ini tertulis bahwasannya untuk mengenang Sosaku Kobayashi. Pada penelitian ini, peneliti ingin melihat nilai sosial dan nilai pendidikan yang terkandung di dalam novel tersebut, dengan kajian sosiolinguistik dan dengan metodologi penelitian kualitatif. Kajian Sosiolinguistik adalah kajian interdisipliner yang mempelajari sebuah budaya terkait dengan bahasa yang digunakan. Pada penelitian ini dengan menggunakan metodologi kualitatif akan menghasilkan sebuah hasil dan pembahasan yang penuh dengan tulisan-tulisan deskriptif. Hasil dan pembahasan yang didapatkan pada penelitian ini, sebagai berikut: (1) Nilai sosial dalam hubungan pertemanan tanpa melihat sebuah gender; (2) Nilai pendidikan dalam kurikulum sekolah; dan (3) Nilai pendidikan dalam memberikan kesempatan pada siswa.
Sosiolinguistik, nilai sosial, nilai pendidikan
References
Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra. Karanganyar: CV Al Chalief.
Kuroyanagi, Tetsuko. 2018. Totto Chan: Gadis Kecil di Jendela. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Latifah, N., Munajah, R., Hasanah, U. 2021. Pengantar Sastra Anak. Jakarta Selatan: Penerbit Universitas Trilogi.
Malabar, Sayama. 2015. Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.
Munaris. 2020. SASTRA ANAK SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH . E-Repository Jurnal KATA (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya). Dalam Tautan: http://repository.lppm.unila.ac.id/21405/1/20898-48747-1-PB.pdf. Diakses pada 30 April 2022, pukul 11.28 WIB.
Nurgiyantoro. 2004. Sastra Anak: Persoalan Genre. Jurnal Humaniora. Vol 16(2): 107-122.DOI: https://doi.org/10.22146/jh.811. Dalam Tautan: https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/811/653. Diakses pada 30 April 2022, pukul 11.41 WIB.
Nuryani, Rina. Khaerunnisa. 2018. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Karanganyar: CV Al Chalief.
Putri, R., Missriani., Fitriani Y. 2021. Nilai-Nilai Moral, Pendidikan, dan Sosial dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5(3):10444-10450. Dalam Tautan: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2653. Diakses pada 27 Maret 2022, pukul 10.39 WIB.
Sari, N., Agustina, E., Lubis, B. 2019. .NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 3(1):55-65. Dalam Tautan: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1003143. Diakses pada 27 Maret 2022, pukul 11.03 WIB.
Umar, Jusnimar. 2015. PERANAN NILAI SOSIAL DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN UMUM. Jurnal Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam. Vol 5(2): 1-18. DOI: https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i2.758. Dalam Tautan: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/758. Diakses pada 29 April 2022, pukul 7.44 WIB.
.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.