ANALISIS CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI PENGAJIAN BUNAYYA BA’DAL MAGHRIB BINTARO: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27123Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peristiwa campur kode di Pengajian Ba’dalMaghrib Bintaro masuk jenis campur kode apa dana apa penyebabnya dengan pendekatan Sosiolinguistik. Sumber data yang diperoleh yakni dengan teknik Simak, Catat dan Rekam. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan situasi pada saat tuturan dan realitas sosial di masyarakat yang terjadi ketika menjadi objek penelitian dan kemudian menarik realitas tuturan tersebut untuk menjadi ciri, model, karakter, atau gambaran tentang situasi dan kondisi tertentu. Hasil dari penelitian ini terdapat peristiwa campur kode dalam interaksi Pengajian Bunayya Ba’dal Maghrib. Simpulan pada penelitian ini ialah Bahasa sebagai media
pengajaran da juga sebagai wawasan bagi si murid.
References
Asmiati. (2019). Alih Kode dan Campur Kode pada Masyarakat Bilingualisme di Desa Bonea
Timur Kabupaten Kepulauan Selayar: Kajian Sosiolinguistik. Universitas Muhammadiyah
Makassar.
Atmojo. (2013). Alih Kode dan Campur Kode dalam Kelompok Masyarakat Perantau di Desa
Kedung Bagong, Sidomakmur, Widodaren, Ngawi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Chaer, A & Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer Abdul. (2014). Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Fishman. J.A. (1976). Reading in the Sociology of Language. USA: Stanford University Press
Jendra, M. (2007). Sosiolinguistic The Study Of Societies Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mashun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta:
Raja Grafindo Persada.
Mufid, M. (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.