ANALISIS CAMPUR KODE DALAM INTERAKSI PENGAJIAN BUNAYYA BA’DAL MAGHRIB BINTARO: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Authors

  • Ahmad Zainudin Universitas Pamulang
  • Nugroho Widi Pratomo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peristiwa campur kode di Pengajian Ba’dal
Maghrib Bintaro masuk jenis campur kode apa dana apa penyebabnya dengan pendekatan Sosiolinguistik. Sumber data yang diperoleh yakni dengan teknik Simak, Catat dan Rekam. Penelitian ini menggunakan Metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan situasi pada saat tuturan dan realitas sosial di masyarakat yang terjadi ketika menjadi objek penelitian dan kemudian menarik realitas tuturan tersebut untuk menjadi ciri, model, karakter, atau gambaran tentang situasi dan kondisi tertentu. Hasil dari penelitian ini terdapat peristiwa campur kode dalam interaksi Pengajian Bunayya Ba’dal Maghrib. Simpulan pada penelitian ini ialah Bahasa sebagai media
pengajaran da juga sebagai wawasan bagi si murid.

References

Asmiati. (2019). Alih Kode dan Campur Kode pada Masyarakat Bilingualisme di Desa Bonea

Timur Kabupaten Kepulauan Selayar: Kajian Sosiolinguistik. Universitas Muhammadiyah

Makassar.

Atmojo. (2013). Alih Kode dan Campur Kode dalam Kelompok Masyarakat Perantau di Desa

Kedung Bagong, Sidomakmur, Widodaren, Ngawi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chaer, A & Agustina, L. (1995). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer Abdul. (2014). Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Fishman. J.A. (1976). Reading in the Sociology of Language. USA: Stanford University Press

Jendra, M. (2007). Sosiolinguistic The Study Of Societies Languages. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kridalaksana, H. (2009). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mashun. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Mufid, M. (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Downloads

Published

2022-12-21