INTEGRASI BAHASA DALAM LAGU ASMALIBRASI KARYA SOEGI BORNEAN

Authors

  • Iklimah Tinta Ayu Universitas Pamulang
  • Tinezia Cendany Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27138

Abstract

Berbagai bahasa yang berkembang saat ini banyak variasi, beraneka ragam dan mengalami perubahan. Bahasa kekinian sudah sangat marak dikalangan muda mudi atau biasa disebut bahasa gaul. Dalam percakapan sehari-hari bahasa sebagai alat komunikasi yang mempunyai makna dari kata-kata yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bahasa dimasukkan ke dalam lagu-lagu yang sangat populer di kalangan hampir semua anak muda, khususnya remaja. Dalam lagu yang berjudul Asmalibrasi karya Soegi Bornean memiliki makna bahasa dalam kehidupan seseorang. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi sosiolinguistik sebagai metodenya. Tujuan penelitian adalah memaparkan dan mengkaji integrasi bahasa, serta lagu Asmalibrasi. Selain itu, Lagu Asmalibrasi merupakan salah satu contoh komposisi musik Indonesia yang sering terjadi integrasi bahasa. Lagu tersebut menggabungkan beberapa bahasa, antara lain bahasa Sanskerta, Melayu, Inggris, dan Jawa. Penggabungan bahasa ini terjadi karena adanya wacana yang diekspresikan secara verbal oleh para seniman. Hal ini menunjukkan bahwa khasanah bahasa Indonesia mencakup integrasi bahasa.
Kata kunci: integrasi bahasa, lagu, musisi

References

Dika, A. (2022). Majas Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Asmalibrasi. Dewantara Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, Vol.1.

Herliani, Y. I. (2020). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal, 1, 277-283.

Isnaini, H. F. (2021). Membangun Literasi dan Kreativitas dengan Program Penyuluhan Literasi Berkelanjutan di Masa Pandemi Covid 19. Community Development Journal, 1, 657-664.

Kurniasari, N. A. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan pada Salah Satu Judul Berita "Isu TKA Digoreng Menjelang Pilpres" pada Surat Kabar. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1, 527-534.

Sulaeman, A. d. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra. Edu Pustaka.

Tarigan. (2011). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Downloads

Published

2022-12-21