ANALISIS AFIKSASI PADA LIRIK LAGU FIERSA BESARI DALAM ALBUM KONSPIRASI ALAM SEMESTA (Kajian Morfologi)

Authors

  • Muhammad Murthandho Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi penggunaan afiksasi pada lirik lagu Fiersa Besari dalam Album Konspirasi Alam semesta. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek yang dijadikan kajian dalam penelitian ini adalah Lirik Lagu Fiersa Besari dalam Album Konspirasi Alam Semesta. Sumber data didapat dari lirik lagu Fiersa Besari. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Berdasarkan hasil dari penelitian penggunaan afiksasi pada lirik lagu Fiersa Besari dalam album Konspirasi Alam Semesta yang berupa 147 prefiks, infiks, 36 sufiks dan 22 konfiks. Dalam penelitian ini peneliti sadar bahwa pentingnya mengidentifikasi penggunaan afiksasi dalam lirik lagu.
Kata Kunci : Afiksasi, Lirik Lagu, Kata

References

Asih, R., Ekawati, M., & Ratna N. H, T. P. (2020). Afiksasi dan Zeroisasi pada Lirik Lagu Payung Teduh dalam Album Live and Loud sebagai Formulasi Materi Ajar di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 40–53.Kridalaksana, H. (2010). Morfologi Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Moeliono, A. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Muslich, M. (2014). Tata Bentuk Bahasa Indonesia, Kajian ke Arah Tata bahasa Deskriptif. Bumi Akasara.

Putri, C. I. (2020). ANALISIS AFIKSASI LIRIK LAGU ALBUM “ CINTA LUAR BIASA â€ANDMESH KAMALENG SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENULIS TEKS PERSUASI DI SMP KELAS VIII Cosyvia Ikhsani Putri PENDAHULUAN Bahasa merupakan sarana utama bagi setiap manusia dalam berinteraksi maupun be. Prosiding Seminar Literasi V.

Simpen, i wayan. (2021). Morfologi kajian proses pembentukan kata. PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Alfabeta.

Wiratno, T. (2018). Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-12-21