ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM @BAIMWONG (KAJIAN MORFOLOGI)

Authors

  • Sifa Elisa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27149

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui kesalahan-kesalahan yang ada pada media sosial terutama dalam kolom komentar Instagram @baimwong. Umumnya, kesalahan berbahasa masih sering terjadi dalam bentuk tulisan terutama pada penggunaan afiksasi dan banyak terjadi di media sosial saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesalahan penggunaan afiksasi mulai dari prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks, reduplikasi, dan komposisi dalam kolom komentar Instagram @baimwong dengan menggunakan teori morfologi kesalahan berbahasa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deksriptif dipilihnya metode ini karena data yang disajikan merupakan sebuah rangkaian kalimat, data dan sumber data dari penelitian ini adalah sebuah kata atau komentar yang terdapat pada kolom komentar @baim wong. Teknik pengumpulan data dengan cara simak dan catat karena objek yang akan diteliti berbentuk tulisan. Setelah menganalisis kesalahan berbahasa tersebut hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan penggunaan afiksasi meliputi prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks, reduplikasi, dan komposisi dalam kolom komentar Instagram @baim wong. Jenis kesalahan yang mendominasi pada penelitian ini adalah kesalahan penggunaan afiksasi pada kolom komentar tersebut.
Kata kunci: Morfologi, Kesalalahan Berbahasa, Instagram

References

Chaer, A. (2015). morfolgi bahasa indonesia (pendekatan proses). rineka cipta.

Ghufron, S. (2015). analisis kesalahan berbahasa praktik dan teori. penerbit ombak.

Iftinan, Q. T., Sabardila, A., & Surakarta, U. M. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Status dan Komentar di Media Sosial Twitter. 2(1), 45–56.

Riandini, Z. N., Fatimah, S. N., Ugiyanto, F. E., & Laily, I. N. (2020). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA TATARAN MORFOLOGI DALAM WACANA JUAL BELI SECARA DARING DI. i, 44–50.

Sebayang, S. K. (2019). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA SOSIALl MEDIA

INSTAGRAM DALAM POSTINGAN, KOMENTAR, DAN CERITA SINGKAT.

Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(1), 49–57. https://doi.org/10.37755/jsbi.v16i1.124

Simpen, i wayan. (2020). morfologi. bumi aksara.

Sitompul, P., & Harahap, S. M. (2021). Kesalahan Berbahasa dalam Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan pada Kajian Fonologi. Jurnal

Basasasindo, 1(1), 29–33.

Wati, M. D., Hawa, M., & Hidayari, N. A. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Grup WhatsApp Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMK Miftahul Hikmah Parengan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Edutama, 4

Downloads

Published

2022-12-21