TINJAUAN MAKNA MANTRA SEDULUR PAPAT KALIMA PANCER DALAM SEMIOLOGI BARTHES

Authors

  • Rhiswanda Ade Setiawan Universitas Pamuang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna mantra sedulur papat kalima pancer. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana makna denotasi dari mantra sedulur papat kalima pancer?. 2) Bagaimana makna konotasi dari mantra sedulur papat kalima pancer?. 3) Bagaimana Mitos dari mantra sedulur papat kalima pancer?. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan transkripsi. Data diambil dari narasumber yang berasal dari masyarakat Kabupaten Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Makna denotasi pada mantra sedulur papat kalima pancer adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan permohonan kepada saudara halus yang sifatnya ghaib, untuk menjaga,melindungi, serta membantu seluruh aktivitas dan segala keinginan orang yang merapalkan mantra tersebut, yang semuanya dapat terjadi atas kehendak dan kuasa Allah SWT. (2) Makna Konotasi mantra sedulur papat kalima pancer ditemukan sebanyak 4 bentuk konotasi dalam mantra tersebut. (3) mitos pada mantra ditemukan 9 bentuk mitos dalam mantra sedulur papat kalima pancer.
Kata Kunci: Semiologi Barthes, Makna, mantra sedulur papat kalima pancer.

References

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.Brata, I. B. (2016). Kearifan budaya lokal perekat identitas bangsa. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(1). http://ojs.unmas.ac.id:80/index.php/Bakti/article/download/226/201

Suhelis, S., & Emha, R. J. (2021). Analisis Mantra di Kampung Cileuksa Kabupaten Bogor (TinjauanSemiologiRollandBarthes).JurnalSasindoUNPAM,9(2),6272.http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/15290.

Downloads

Published

2022-12-21