NILAI SOSIAL DALAM NASKAH LONTAR YUSUP BANYUWANGI DAN NASKAH BABAD GIYANTI : KAJIAN SASTRA BANDINGAN

Authors

  • Yunika Anggraeni Universitas Pamuang
  • Ulfa Julianti Universitas Pamuang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sosial dari naskah Lontar Yusup Banyuwagi dengan naskah Babad Giyanti. Naskah Lontar Yusup Banyuwangi merupakan satu-satunya naskah kuno yang hingga kini masih hidup dimasyarakat lokal Banyuwangi dengan manuskrip teks pegon. Naskah Babad Giyanti yaitu karya sastra klasik dengan teks ditulis dalam bentuk tembang macapat, naskah ini termasuk dalam naskah-naskah skriptorium periode paku alam II (1830-1858). Analisis penelitian menggunakan teori sosiologi sastra dengan memfokuskan pada nilai sosial dalam diri manusia pada sebuah masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitihan ini diharapkan dapat mengetahui persamaan dan kedua naskah kuno terdapat nilai sosial sesuai dengan ruang lingkupnya.
Kata kunci : naskah kuno, nilai sosial, sosiologi sastra

References

Endraswara, Suwardi. (2011). Metodelogi Penelitian Sosiologi Sastra. CAPS : Jakarta

Fathurahman, O. (2015). Filologi Indonesia Teori dan Metode. Prenada Media.

Indiarti, W., & Hasibin, N. (2018). Lontar Yusup Banyuwangi: Teks Pegon-TansliterasiTerjemahan. Elmatera Penerbit :Yogyakarta. .

Krismonita, F. D. A., & Sunanda, A. (2020). NILAI SOSIAL DALAM NOVEL ORANGORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Krismonita, F. D.A., & Sunanda, A. (2020). NILAI SOSIAL DALAM NOVEL ORANGORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mayasari, G. H. (2016). Meneropong Teori Sastra Bandingan pada Buku Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 4(2), 208-2011.

Nanda, E. S., & Hayati, Y. (2020). Struktur dan Nilai Sosial dalam Dongeng Cinderella dan Cerita Putri Arabella: Kajian Sastra Bandingan. Lingua Susastra, 1(1), 10-19.

Saktimulya, Sri Ratna. (2016). Naskah-naskah Skriptorium Pakualam Periode Paku Alam II (1830-1859). KPG (Kepustakaan Populer Gramedia: Bogor.

Sangidu. (2004). Penelitian Sastra: Pendektan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Penerbitan Sastra Asia Barat :Yogyakarta

Downloads

Published

2022-12-21