PERBANDINGAN UNSUR INSTRINSTIK NOVEL CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA IRA MADAN DAN NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)

Authors

  • Hikmatul Hasanah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persamaan dan perbedaan novel cahaya cinta pesantren karya Ira Madan dan novel pesantren impian karya Asma Nadia. Penelitian menggunakan pendekatan sastra bandingan, yaitu dengan membandingkan unsur instrinstik berupa tema, latar, alur, penokohan, gaya bahasa dan aspek social . Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan disajikan secara deskriptif. Hasil
dari penelitian ini adalah novel cahaya cinta pesantren karya Ira Madan dan novel pesantren impian karya Asma Nadia memiliki persamaan alur, penokohan, dan latar. Hasil penelitian ini juga memiliki perbedaan tema dan sudut pandang yang merupakan gambaran kehidupan cerita tersebut.
Kata-kata kunci : unsur instrinsik, sastra bandingan, novel

References

Melda, Fitri Yani. Perbandingan Unsur Instrinsik “Saru Kani Kassen†Dan “Kisah Kera Dan Ayamâ€; Tinjauan Sastra Bandingan. Diss. Universitas Andalas, 2016.

RAMPAN, AWAN ASAP KARYA KORRIE LAYUN. "ANALISIS UNSUR INTRINSIK NOVEL UPACARA DAN NOVEL API." Ulandari, Riski, and Edi Suryadi. "PERBANDINGAN UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL

MARIPOSA KARYA LULUK HF DAN FILM MARIPOSA SUTRADARA FAJAR BUSTOMI."

Jurnal Didactique Bahasa Indonesia 3.2 (2022): 34-44.

Ahmadi, Anas. Metode penelitian sastra. Penerbit Graniti, 2019.

Mayasari, Gilang Hanita. "Meneropong Teori Sastra Bandingan pada Buku Metodologi Penelitian Sastra Bandingan." METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra 4.2 (2016): 208-2011.

Downloads

Published

2022-12-21