PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL SISWA MTS CITRA PELITA MELALUI PEMANFAATAN APLIKASI PERPUSTAKAAN ONLINE IPUSNAS

Authors

  • Rerin Maulinda Universitas Pamulang
  • Dwi Septiani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36647

Abstract

Dengan pemanfaatan aplikasi perpustakaan online IPUSNAS di SMP/MTS, penelitian ini berupaya mengetahui pengaruh aplikasi tersebut terhadap peningkatan literasi digital siswa, khususnya keterampilan membaca pemahaman di tingkat menengah pertama atau sederajat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental satu kelompok pretest-posttest. Data diambil dari 20 siswa kelas VIII MTs Citra Pelita. Aplikasi perpustakaan online IPUSNAS dapat digunakan sebagai media digital untuk memudahkan melaksanakan proses pembelajaran, khususnya sumber bacaan siswa. Angket diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Skala Likert yang digunakan dalam kuesioner memiliki lima kemungkinan pilihan jawaban. Dalam pengumpulan data digunakan 3 indikator literasi digital berkaitan dengan keterampilan membaca pemahaman yang berjumlah 10 pernyataan. Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti aplikasi perpustakaan online IPUSNAS untuk meningkatan literasi digital dan keterampilan membaca pemahaman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, dalam hal literasi digital, terdapat perbedaan penting antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Literasi digital di kalangan siswa kelas VIII MTS Citra Pelita dapat dibangkitkan selama proses pembelajaran terutama Bahasa Indonesia dengan pemanfaatan aplikasi perpustakaan online IPUSNAS. Diketahui bahwa rata-rata kemampuan pemahaman bacaan kelompok siswa yang memanfaatkan aplikasi online Ipusnas (70.55) lebih tinggi dari kelompok siswa yang tidak memanfaatkan aplikasi online Ipusnas (68.27). Dengan demikian, disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi online Ipusnas dan minat baca berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas VIII MTS Citra Pelita, Tangerang.

Kata kunci: IPUSNAS, literasi digital, MTs Citra Pelita

References

Almira, N. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Belshaw, D. A. J. (2012). What is’ digital literacy’?: a pragmatic investigation. Durham University.

Digital Literacy and Their Relationships with Learning. Computers & Education, 76, 55-69. Harrison, P. (20

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2(8),

Greene, J. A., Seung, B. Y., & Copeland, D. Z. (2014). Measuring critical components of digital literacy and their relationships with learning. Computers & education, 76, 55-69.

Gunawati, A., Muslih, M., & Calisna, Y. (2022). Perpustakaan Mini Sebagai Sarana

Pengembangan Budaya Literasi dan Peningkatan Minat Baca Anak-Anak Desa Cidikit,

Bayah, Lebak, Banten. Probono and Community Service Journal, 1(2), 58-65.

Kanematsu, H., & Barry, D. M. (2016). STEM and ICT education in intelligent environments (pp. 9-13). Cham, Switzerland: Springer.

Martin, A. (2006). A European Framework for Digital Literacy. Nordic Journal of Digital Literacy, 1(02), 151-161.

Martin, A. (2008). Digital Literacy Digital Society Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices, 30, 151-176.

Martinez, V. G., & López-Río, J. (2015). About the horrific peril of reading on digital devices. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 178, 105-109.

Nuryani, E. (2014). Hubungan intensitas mengakses facebook dengan motivasi belajar siswa sma negeri 2 tenggarong seberang. Jurnal ilmu komunikasi, 2(3), 178-192.

Ozdamar-Keskin, N., Ozata, F. Z., Banar, K., & Royle, K. (2015). Examining Digital Literacy Competencies and Learning Habits of Open and Distance Learners. Contemporary Educational Technology, 6(1), 74-90).

Prior, D. D., Mazanov, J., Meacheam, D., Heaslip, G., & Hanson, J. (2016). Attitude, Digital Literacy and Self Efficacy: Flow-On Effects for Online Learning Behavior. The Internet and Higher Education, 29, 91-97.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Septiani, D., Abdullilah, A., & Sidik, P. N. R. (2023). Pengaplikasian Cerpen dan Puisi Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Anak-Anak di Lingkungan Limo Tengah RT 04 RW 03 Depok-Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 26-33.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarifudin, F. (2022). Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 132-145.

Tarigan, H. G. (1987). Membaca sebagai Sebuah Keterampilan. Bandung: Angkasa.

Ting, Y. L. (2015). Tapping Into Students' Digital Literacy and Designing Negotiated Learning

to Promote Learner Autonomy. The Internet and Higher Education, 26, 25- 32.

Yunus, A., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-14