PENGGUNAAN DISFEMIA DALAM KOLOM KOMENTAR INSTAGRAM MATA NAZWA EDISI KONTEN ISRAEL MENGEJEK PALESTINA

Authors

  • Nurlaely Aulia Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Goziyah Goziyah Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36648

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan penggunaan disfemia yang terdapat dalam kolom komentar instagram Mata Nazwa Edisi Konten Israel Mengejek Palestina. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kajian semantik yang berfokus pada perubahan makna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripsi kualitatif artinya mendeskripsikan temuan penelitian dengan memaparkan penjelasan dari data yang ditemukan. Objek yang digunakan dalam penelitian berupa disfemia (pengasaran). Adapun subjek penelitian berupa data komentar netizen instagram Mata Nazwa dalam Konten Israel Mengejek Palestina. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan literatur dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu teknik membaca dan mencatat. Hasil penelitian dari artikel ini terdapat delapan kata disfemia, tujuh disfemia dalam bentuk frasa, dan tiga disfemia bentuk ungkapan. Nilai rasa yang terdapat dalam data terdapat nilai rasa kasar dan tidak pantas. Nilai rasa yang tidak ditemukan dalam artikel ini adalah nilai rasa seperti 1) nilai rasa yang berbahaya, 2) nilai rasa tidak enak, dan 3) nilai rasa keras. Dapat disimpulkan bahwa terdapat bentuk disfemia dan nilai rasa dari data penelitian yang telah ditemukan, sehingga dapat mengetahui berbagai jenis kata, frasa, serta ungkapan yang mengandung unsur pengasaran.

Kata Kunci: Disfemia, Komentar, Instagram, Konten

References

Ayu, Widya, dkk. 2021. Disfemisme pada Kolom Komentar Akun Instagram. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Hasta Wiyata. Vol. 4, No. 2, Hal 106-130. . Diunduh pada Rabu, 8 November 2023.

Chaer, Abdul. 1995. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Khaeriyah dan Dewi, Mayang Santika. 2023. Disfemia Dalam Kolom Komentar Akun Instagram Abouttng_Official Kasus Pembuangan Bayi Di Wilayah Bante. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Lingua Rima. Vol. 12. No. 2, Hal 271-279. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/9192/4346. Diunduh pada Rabu, 8 November 2023.

Hudhana, Winda Dwi. 2018. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Muzaiyanah. 2012. Jenis Makna dan Perubahan Makna. IAIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Wardah. No.25, Hal. 146-152. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/warda/article/view/323/278. Diunduh pada Rabu, 08 November 2023.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ristanto, Budi. 2019. Efek Penggunaan Disfemia dalam Teks Media. Universitas Negeri Malang. Jurnal BASINDO. No. 2, Vol. 3, Hal 161-169. EFEK PENGGUNAAN DISFEMIA DALAM TEKS MEDIA | Ristanto | BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya (um.ac.id). Diunduh pada Rabu, 8 November 2023.

Riadi, Edi. 2014. Metode Statistika Parametrik dan Non Parametrik untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Pendidikan. Tangerang: PT Pustaka Mandiri.

Rohhayati, Fatwa, dkk. 2020. Kajian Bahasa Disfemia pada Kolom Komentar Netizen di Instagram. Universitas Bengkulu. Jurnal WACANA. Vol.1, No. 2, Hal 143-150. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jwacana/index. Diunduh pada Rabu, 8 November 2023.

Suwandi, Sarwiji. 2008. Semantik Pengantar Kajian Wacana. Yogyakarta. Media Perkasa.

Downloads

Published

2023-12-14