PERUBAHAN FONOLOGI DALAM PERCAKAPAN PLAYER MOBILE LEGEND

Authors

  • Anissa Rizky Kusuma Dewi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36671

Abstract

Dalam Mobile Legend, marak ditemukan kata-kata kasar yang diujarkan pemain untuk membully pemain lain. Untuk menciptakan situasi permainan yang kondusif, Mobile Legend menciptakan sistem sensor. Pemain yang memiliki kebiasaan berkata kasar, melakukan perubahan fonologi guna untuk menghindari sistem sensor moonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan fonologi dalam percakapan player Mobile Legend. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualititatif karena mendeskripsikan jenis-jenis perubahan fonologi dalam percakapan player Mobile Legend. Dalam teknik analisis data, digunakan dua metode yaitu metode padan dengan teknik pilah unsur penentu referensial yang penentunya berada di luar bahasa, yaitu tulisan dan digunakan untuk menentukan makna ujaran sebagai kata kasar. Dilanjutkan dengan metode agih teknik bagi unsur langsung yang membagi data-data menjadi unsur-unsur sesuai dengan penentunya. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata kasar yang didapatkan dari sumber data primer yaitu Mobile Legend. Data dikumpulkan dengan cara teknik tangkap layar. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya 6 jenis perubahan fonem huruf menjadi fonem angka, 5 jenis sinkop, 2 jenis apokop, 4 jenis paragog, dan 4 jenis epentesis. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, pemain Mobile Legend yang berkata kasar melakukan perubahan fonologi guna untuk menghindari sistem sensor. Karena beberapa kekurangan sistem sensor, kata-kata kasar yang termasuk pola perulangan, pola penggantian, dan pola ditambahkan spasi tidak terdeteksi sebagai kata kasar.

Kata kunci: kata kasar, fonem angka, sistem sensor

References

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.

Rizkyawan, K. F. (2021). Optimalisasi Sistem Sensor Kata Kasar dengan Menggunakan Regular Expression dalam Game Mobile Legends: Bang Bang. 1–5. https://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2020-2021/Makalah2021/Makalah-Stima-2021-K2%20(42).pdf

Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research dan Development.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis.

Sulaeman, A., & Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra. Edu Pustaka Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-14