PERUBAHAN FONOLOGI DALAM PERCAKAPAN PLAYER MOBILE LEGEND
DOI:
https://doi.org/10.32493/sns.v4i1.36671Abstract
Dalam Mobile Legend, marak ditemukan kata-kata kasar yang diujarkan pemain untuk membully pemain lain. Untuk menciptakan situasi permainan yang kondusif, Mobile Legend menciptakan sistem sensor. Pemain yang memiliki kebiasaan berkata kasar, melakukan perubahan fonologi guna untuk menghindari sistem sensor moonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan fonologi dalam percakapan player Mobile Legend. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualititatif karena mendeskripsikan jenis-jenis perubahan fonologi dalam percakapan player Mobile Legend. Dalam teknik analisis data, digunakan dua metode yaitu metode padan dengan teknik pilah unsur penentu referensial yang penentunya berada di luar bahasa, yaitu tulisan dan digunakan untuk menentukan makna ujaran sebagai kata kasar. Dilanjutkan dengan metode agih teknik bagi unsur langsung yang membagi data-data menjadi unsur-unsur sesuai dengan penentunya. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata kasar yang didapatkan dari sumber data primer yaitu Mobile Legend. Data dikumpulkan dengan cara teknik tangkap layar. Hasil penelitian ini yaitu ditemukannya 6 jenis perubahan fonem huruf menjadi fonem angka, 5 jenis sinkop, 2 jenis apokop, 4 jenis paragog, dan 4 jenis epentesis. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, pemain Mobile Legend yang berkata kasar melakukan perubahan fonologi guna untuk menghindari sistem sensor. Karena beberapa kekurangan sistem sensor, kata-kata kasar yang termasuk pola perulangan, pola penggantian, dan pola ditambahkan spasi tidak terdeteksi sebagai kata kasar.
Kata kunci: kata kasar, fonem angka, sistem sensor
References
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.
Rizkyawan, K. F. (2021). Optimalisasi Sistem Sensor Kata Kasar dengan Menggunakan Regular Expression dalam Game Mobile Legends: Bang Bang. 1–5. https://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2020-2021/Makalah2021/Makalah-Stima-2021-K2%20(42).pdf
Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research dan Development.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis.
Sulaeman, A., & Goziyah. (2019). Metodologi Penelitian Bahasa dan Sastra. Edu Pustaka Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this proceedings agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the proceedings right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this proceedings.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.